Renata Diah Anjarini (2021) Challenges and Strategies in Understanding English Idioms: English as a Foreign Language Student' Perception. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Bab I.pdf
Download (215kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (250kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dalam memahami idiom bahasa Inggris berdasarkan persepsi mahasiswa EFL dan strategi yang diterapkan dalam memahami idiom bahasa Inggris. Berdasarkan pertanyaan penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui dan mengeksplorasi informasi yang lebih rinci tentang topik tersebut. Peneliti juga menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menyelidiki pengalaman para peserta. Ada delapan mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari satu Universitas Swasta Islam di Yogyakarta yang dipilih sebagai peserta penelitian. Peneliti menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data sebagai instrumen penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan empat temuan terkait kesulitan dalam memahami idiom Bahasa Inggris berdasarkan persepsi siswa EFL. Temuan ini kesulitan dalam memahami arti ekspresi yang berbeda dari makna setiap kata; kesulitan yang disebabkan oleh kelangkaan siswa yang ditemukan dan menggunakan idiom Bahasa Inggris; kesulitan yang disebabkan oleh kurangnya diskusi idiom di ruang kelas; dan kesulitan dalam membedakan antara idiom dan frasa bahasa Inggris biasa. Sementara, dalam pertanyaan penelitian kedua peneliti menemukan empat temuan tentang strategi yang diterapkan oleh siswa EFL dalam memahami idiom Bahasa Inggris: Pertama adalah memahami idiom Bahasa Inggris melalui konteks; mencari idiom yang berarti menggunakan internet; menghubungkan makna dengan Bahasa Indonesia; dan bertanya kepada orang lain tentang arti idiom. Secara umum menemukan kesulitan yang dihadapi oleh siswa adalah perbedaan makna idiom dengan arti setiap kata. Kesulitan ini juga disebabkan oleh kelangkaan penggunaan idiom bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari siswa dan kurangnya pembelajaran yang mengajarkan tentang idiom bahasa Inggris. Strategi yang digunakan dalam memecahkan beberapa masalah ini adalah menggunakan beberapa sumber yang dekat dengan siswa, seperti menafsirkan melalui konteks, terhubung dengan L1 mereka, meminta orang lain untuk menemukan jawaban di internet.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 07:35 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 07:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4070 |