MUTIARA ZANNATUL MA'WA (2023) STRATEGI DIPLOMASI BUDAYA MALAYSIA DALAM UPAYA PROMOSI PENGEMBANGAN WISATA HALAL TERHADAP ARAB SAUDI PADA TAHUN 2015-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (482kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Bab I.pdf
Download (248kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pemerintah Malaysia menyatakan keinginannya untuk meningkatkan wisatawan asing terhadap wisata halalnya dalam bentuk diplomasi budaya terhadap Arab Saudi sebagai negara target. Hal tersebut dilakukan karena ketidakpuasan pemerintah Malaysia terhadap wisatawan yang berasal dari Arab Saudi yang merupakan negara potensial jumlah kedatangannya lebih sedikit dibandingkan negara kawasan Timur Tengah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan oleh Pemerintah Malaysia dalam upaya promosi wisata halalnya melalui diplomasi budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatif, dengan menggunakan data skunder. Sumber data berupa jurnal ilmiah dan berita online yang kemudian diolah dan dianalisis sehingga menjadi sebuah temuan baru. Penelitian ini menggunakan strategi diplomasi budaya khususnya melalui dua cara yakni eksebisi wisata halal dan eksebisi industri halal. Temuan dalam penelitian ini mejelaskan bahwa dengan melakukan strategi diplomasi budaya dalam upaya promosi wisata halalnya terhadap Arab Saudi dengan menjadikan Eksebisi wisata halal dan eksebisi industri halal sebagai alat diplomasi berhasil mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terbukti mengalami peningkatan setiap tahunnya 2% atau 4% hingga din tahun 2022 ini mencapai 45% kunjungan wisatawan Arab Saudi yang berkunjung ke Malaysia
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Cultural Diplomacy, Halal Tourism, Exhibition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 07:11 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40711 |