Nurul Ismaniar (2021) TEACHERS' PERSPECTIVES TOWARD THE IMPLEMENTATION OF JIGSAW COOPERATIVE LEARNING IN EFL CLASSES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (928kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Bab I.pdf
Download (423kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (680kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (295kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (540kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif guru tentang kelebihan dan kekurangan pembelajaran kooperatif jigsaw di kelas EFL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Peneliti melakukan penelitian di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang melibatkan tiga orang guru bahasa Inggris. Penelitian ini mengungkap tujuh temuan terkait perspektif guru tentang keunggulan teknik pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pertama, pembelajaran kooperatif jigsaw mengubah pusat guru menjadi pusat siswa dalam pembelajaran. Kedua, siswa mendapatkan pemahaman dan hafalan yang lebih kuat. Ketiga, diskusi kelas menjadi hidup. Keempat, siswa menikmati pembelajaran. Kelima, pembelajaran kooperatif jigsaw membangun dan meningkatkan keterampilan sosial siswa. Keenam, teknik pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu membangun rasa tanggung jawab siswa. Ketujuh, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu membangun keterampilan pemecahan masalah siswa. Selain itu, ada empat temuan terkait perspektif guru tentang kekurangan dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pertama, ada pengendara gratis di antara siswa. Kedua, memakan waktu bagi para guru. Ketiga, perlu adanya kontrol ekstra pada siswa, dan keempat, siswa aktif lebih dominan.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 07:35 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 07:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4072 |