Altabella Septi Arista (2021) AKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS HOTEL TARA YOGYAKARTA DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS CYBER PUBLIC RELATIONS MELALUI INSTAGRAM PERIODE MARET-DESEMBER 2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (459kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Bab I.pdf
Download (745kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang mengharuskan <em>Public Relations </em>untuk mampu menerapkan aktivitas <em>Public Relations </em>berbasis <em>online</em>, terutama pada masa pandemi COVID-19 yang mengharuskan hampir setiap individu melakukan aktivitas secara <em>online </em>dikarenakan penerapan pembatasan sosial. <em>Public Relations </em>dituntut mahir dalam memanfaatkan teknologi digital untuk tetap berkomunikasi dengan <em>stakeholders </em>dalam upaya mempertahankan reputasi di tengah pandemi COVID-19, termasuk hotel sebagai salah satu sektor bisnis yang terpuruk di masa pandemi.</p>
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas <em>cyber Public Relations </em>Hotel Tara Yogyakarta di masa pandemi COVID-19 melalui Instagram pada Maret-Desember 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumen.</p>
<p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas <em>cyber Public Relations </em>Hotel Tara saat pandemi COVID-19 melalui Instagram adalah <em>attracting visitors through the search </em>menggunakan <em>inbound link-building </em>dengan pengintegrasian <em>link</em> serta membuat konten edukatif melalui fitur <em>Instagram Live </em>dan pembuatan <em>caption storytelling</em>. <em>Engagement and dialogue </em>hanya dibangun secara personal melalui fitur <em>Direct Message </em>sehingga tidak terdapat konsep <em>equity </em>dikarenakan komunikasi belum interaktif. Upaya <em>defensive crisis </em>dilakukan melalui <em>brand protection</em>. Terdapat transformasi fungsi dan tampilan pada Instagram Hotel Tara selama pandemi COVID-19 sebagai upaya menunjukkan eksistensi yang ditandai dengan adanya perencanaan sistematis. <em>Public Relations </em>yang juga menempati posisi sebagai <em>Marketing Communication </em>menyebabkan tidak fokusnya pengelolaan Instagram sehingga terjadi penurunan konsistensi dalam mengunggah konten yang membuat aktivitas <em>cyber </em>PR belum strategis dan tidak bersifat jangka panjang. Hotel Tara masih harus meningkatkan kreativitas dalam membangun interaksi dengan <em>followers </em>agar menjadi komunikasi dua arah yang simetris.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 19 May 2022 04:10 |
Last Modified: | 19 May 2022 04:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4075 |