Altabella Septi Arista (2021) AKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS HOTEL TARA YOGYAKARTA DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS CYBER PUBLIC RELATIONS MELALUI INSTAGRAM PERIODE MARET-DESEMBER 2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
<p>Teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang mengharuskan <em>Public Relations </em>untuk mampu menerapkan aktivitas <em>Public Relations </em>berbasis <em>online</em>, terutama pada masa pandemi COVID-19 yang mengharuskan hampir setiap individu melakukan aktivitas secara <em>online </em>dikarenakan penerapan pembatasan sosial. <em>Public Relations </em>dituntut mahir dalam memanfaatkan teknologi digital untuk tetap berkomunikasi dengan <em>stakeholders </em>dalam upaya mempertahankan reputasi di tengah pandemi COVID-19, termasuk hotel sebagai salah satu sektor bisnis yang terpuruk di masa pandemi.</p>
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas <em>cyber Public Relations </em>Hotel Tara Yogyakarta di masa pandemi COVID-19 melalui Instagram pada Maret-Desember 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumen.</p>
<p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas <em>cyber Public Relations </em>Hotel Tara saat pandemi COVID-19 melalui Instagram adalah <em>attracting visitors through the search </em>menggunakan <em>inbound link-building </em>dengan pengintegrasian <em>link</em> serta membuat konten edukatif melalui fitur <em>Instagram Live </em>dan pembuatan <em>caption storytelling</em>. <em>Engagement and dialogue </em>hanya dibangun secara personal melalui fitur <em>Direct Message </em>sehingga tidak terdapat konsep <em>equity </em>dikarenakan komunikasi belum interaktif. Upaya <em>defensive crisis </em>dilakukan melalui <em>brand protection</em>. Terdapat transformasi fungsi dan tampilan pada Instagram Hotel Tara selama pandemi COVID-19 sebagai upaya menunjukkan eksistensi yang ditandai dengan adanya perencanaan sistematis. <em>Public Relations </em>yang juga menempati posisi sebagai <em>Marketing Communication </em>menyebabkan tidak fokusnya pengelolaan Instagram sehingga terjadi penurunan konsistensi dalam mengunggah konten yang membuat aktivitas <em>cyber </em>PR belum strategis dan tidak bersifat jangka panjang. Hotel Tara masih harus meningkatkan kreativitas dalam membangun interaksi dengan <em>followers </em>agar menjadi komunikasi dua arah yang simetris.</p>
Dosen Pembimbing: | Adhianty Nurjanah, Dr., S.Sos., M.Si. and UNSPECIFIED | NIDN0604127801, NIDN |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 19 May 2022 04:10 |
Last Modified: | 19 May 2022 04:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |