TSABITA RAFIDATI (2023) REPRESENTASI RUANG DOMESTIK PADA IKLAN TELEVISI KECAP ABC VERSI �SUAMI SEJATI MAU MASAK, TERIMA KASIH KECAP ABC� DAN �KECAP ABC MENDUKUNG KESETARAAN DI DAPUR DI HARI KESETARAAN PEREMPUAN�. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (331kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Bab I.pdf
Download (288kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (963kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (706kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Iklan secara tidak sadar terus menerus melanggengkan nilai-nilai pemisahan ruang gerak berdasarkan gender. Laki-laki selalu digambarkan identik dengan ruang publik sedangkan perempuan selalu ditempatkan dalam ruang domestik. Berbeda dari iklan-iklan kebanyakan, iklan Kecap ABC versi �Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Kecap ABC� dan �Kecap ABC Mendukung Kesetaraan di Dapur di Hari Kesetaraan Perempuan� secara sekilas menyuguhkan dobrakan yang memperlihatkan bahwa ruang domestik bisa ditempati oleh laki-laki. Setelah melakukan penelitian menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk menganalisis representasi yang ditampilkan, peneliti mendapat kesimpulan bahwa iklan ini sama seperti iklan-iklan lain yang menampilkan pembagian ruang berdasarkan gender namun dapat saling membantu. Meskipun sudah progresif, ruang domestik dalam iklan ini masih saja didominasi dan menjadi tanggung jawab perempuan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Domestic Space, Gender Equality, Representation in Advertising |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40781 |