REPRESENTASI RUANG DOMESTIK PADA IKLAN TELEVISI KECAP ABC VERSI �SUAMI SEJATI MAU MASAK, TERIMA KASIH KECAP ABC� DAN �KECAP ABC MENDUKUNG KESETARAAN DI DAPUR DI HARI KESETARAAN PEREMPUAN�

TSABITA RAFIDATI (2023) REPRESENTASI RUANG DOMESTIK PADA IKLAN TELEVISI KECAP ABC VERSI �SUAMI SEJATI MAU MASAK, TERIMA KASIH KECAP ABC� DAN �KECAP ABC MENDUKUNG KESETARAAN DI DAPUR DI HARI KESETARAAN PEREMPUAN�. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Iklan secara tidak sadar terus menerus melanggengkan nilai-nilai pemisahan ruang gerak berdasarkan gender. Laki-laki selalu digambarkan identik dengan ruang publik sedangkan perempuan selalu ditempatkan dalam ruang domestik. Berbeda dari iklan-iklan kebanyakan, iklan Kecap ABC versi �Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Kecap ABC� dan �Kecap ABC Mendukung Kesetaraan di Dapur di Hari Kesetaraan Perempuan� secara sekilas menyuguhkan dobrakan yang memperlihatkan bahwa ruang domestik bisa ditempati oleh laki-laki. Setelah melakukan penelitian menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk menganalisis representasi yang ditampilkan, peneliti mendapat kesimpulan bahwa iklan ini sama seperti iklan-iklan lain yang menampilkan pembagian ruang berdasarkan gender namun dapat saling membantu. Meskipun sudah progresif, ruang domestik dalam iklan ini masih saja didominasi dan menjadi tanggung jawab perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Domestic Space, Gender Equality, Representation in Advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:13
Last Modified: 26 Oct 2023 06:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40781

Actions (login required)

View Item
View Item