RAHAYU SUMAREDI (2023) HAK REFUND PADA JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM(STUDI KASUS DI TOKO ONLINE SHOPEE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (385kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (393kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (486kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (602kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan terkait aturan dan penerapan hak refund pada platform Shopee ditinjau dari etika bisnis Islam serta menjelaskan tanggung jawab penyedia aplikasi marketplace terhadap konsumen dalam pengajuan pengembalian dishopee. Dalam menjawab masalah tersebut penulis menggunakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara kaualitatif dan kemudian disajikan secara deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sebagai teknik keabsahan data. Adapun teknik analisis data menggunakan metode Sugiyono. Analisis pada model ini terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, panyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa shopee sebagai penyedia sarana pelaporan atau pengaduan dalam penyelesaian permasalahan antara penjual dan pembeli telah memiliki aturan yang jelas terkait pengajuan pengembalian uang. Aturan pengembalian uang dishopee sudah mulai sesuai dengan etika bisnis Islam meskipun belum sepenuhnya. Berdasarkan landasan teori dimana terdapat 5 prinsip etika bisnis Islam yang digunakan dan dianalisis oleh penulis, shopee telah memenuhi 3 prinsip yakni kebebasan/kemandirian, amanah/jujur, dan Integritas. Penulis melihat bahwa 2 prinsip lainnya yakni keadilan dan tolong menolong sudah mulai diterapkan akan tetapi belum sepenuhnya diterapkan. Kewajiban dan tanggung jawab penyedia marketplace dalam bentuk khiyar dan jenis khiyar yang terjadi pada e-commerce shopee adalah Khiyar Aib, dimana shopee memberikan waktu dan kesempatan bagi pembeli maupun penjual untuk membatalkan kesepakatan jika ditemukan kecatatan barang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Refund rights, Islamic business ethics, Khiyar rights |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:03 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40799 |