Muharor Adiyasa (2021) ANALISIS SISA UMUR LAYANAN PERKERASAN JALAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE MEKANIS EMPIRIK (STUDI KASUS: JALAN GITO GATI, KABUPATEN SLEMAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (895kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
<p>Jalan Gito Gati merupakan jalan provinsi yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ekonomi di Yogyakarta. Seiring dengan perkembangan lalu lintas, Jalan Gito Gati secara visual mengalami kerusakan, maka perlu adanya kajian terkait perilaku perkerasan lentur dan penanganan yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja perkerasan sehingga dapat diprediksi sisa umur layan pada Ruas Jalan Gito Gati serta penanganannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode mekanis empirik dengan menggunakan program KENPAVE untuk menganalisis regangan pada perkerasan, AASHTO 1993 untuk memprediksi sisa umur layan dan Manual Desain Pekerasan Jalan 2017 untuk merekomendasikan alternatif penanganan berupa perkerasan jalan baru. Penelitian menghasilkan nilai regangan tarik horizontal sebesar 0,0002998 dan regangan tekan vertikal sebesar 0,0004022. Dengan menggunakan persamaan Apshalt Institute diperoleh nilai repetisi beban fatigue cracking sebesar 1.047.484,63 ESAL dan nilai repetisi beban rutting sebesar 2.172.928,92 ESAL. Prediksi sisa umur layan akibat beban lalu lintas menggunakan persamaan AASHTO 1993 menghasilkan nilai sisa umur layan fatigue cracking 1,03 % pada tahun ke-2 dan sisa umur layan rutting tersisa 24,79 % pada tahun ke-3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkerasan tidak mampu menahan beban lalu lintas sesuai umur rencana, oleh karena itu digunakan MDP 2017 untuk memberi alternatif penanganan dan menghasilkan bahwa alternatif penanganan yang disajikan dapat direkomendasikan sebagai penanganan untuk Ruas Jalan Gito Gati.</p>
<p>Kata-kata kunci: Analisis kerusakan, mekanis-empirik<em>, </em>program <em>KENPAVE,</em> umur layan.</p>
Dosen Pembimbing: | Anita Rahmawati, S.T., M.Sc. | NIDN0512067701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 02:19 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 02:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |