ROSITA KHOVIFAH (2023) PENGGUNAAN KONTEN INSTAGRAM @BUKITLINTANGSEWU DALAM MENINGKATKAN PROMOSI DESTINASI WISATA BUKIT LINTANG SEWU TERHADAP MINAT KUNJUNG WISATAWAN TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (892kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (446kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang penggunaan konten Instagram @bukitlintangsewu dalam meningkatkan promosi destinasi wisata Bukit Lintang Sewu terhadap minat kunjung wisatawan tahun 2022, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana promosi destinasi wisata dengan menggunakan konten Instagram berpengaruh pada minat kunjung wisatawan pada tahun 2022. Kerangka teori yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini mengenai promosi, Instagram, dan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah di Bukit Lintang Sewu, Jl. Dahromo, Dusun Karangasem RT 06, Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil dokumentasi dan wawancara dengan beberapa informan. Dalam melakukan uji validitas data, penelitian ini menggunakan Teknik triangulasi, yaitu dengan cara membandingkan hasil wawancara informan dengan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konten Instagram @bukitlintangsewu sebagai media promosi terhadap minat kunjung wisatawan sudah efektif dilakukan. Pesan yang disampaikan melalui konten pun sudah tersampaikan dengan model AISAS, dimana pada tahap Attention menggunakan advertising online dengan memanfaatkan fitur instastory, feeds, sales promotion online dengan memberikan kontes untuk menarik kunjungan, memberikan pesan informatif tentang isi dan fasilitas yang disediakan. Tahap interest menggunakan fitur direct message dan kolom komentar untuk membagikan pesan informatif. Tahap Search menggunakan ulasan untuk memberikan pesan promotif dan persuasif. Tahap action menggunakan fitur feeds, instastory, reels, dan guides dengan menampilkan konten berisi pesan informatif dan promotif tentang fasilitas dan panorama alam di Bukit Lintang Sewu. Tahap share menggunakan fitur instastory repost dan tag yang dapat membagikan ulang konten dari pengguna lain dan menyampaikan branding melalui pengguna lain. Minat kunjung wisatawan yang meningkat dengan adanya promosi melalui Instagram dengan bantuan penyajian konten yang berisikan pesan tentang informasi fasilitas, biaya, dan keadaan alam yang tersedia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tourist Promotion, Bukit Lintang Sewu, AISAS Model, Electronic Word of Mouth (EWOM), Instagram, Interest in Visiting Tourist |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:00 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40863 |