M. ALQODRI RAMADHAN (2023) PRODUKSI KONTEN MTS NEGERI 8 SLEMAN MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK PASCA REBRANDING DARI MTS NEGERI 1 PRAMBANAN PERIODE MEI 2022 � NOVEMBER 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (590kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (941kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
Bab I.pdf
Download (232kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (792kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (468kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena dalam proses rebrandingnya, MTs Negeri 8 Sleman menggunakan berbagai media untuk membantu proses rebrandringnya. Misalnya dalam hal produksi konten. MTs Negeri 8 Sleman melakukan produksi konten dan mengunggahnya melalui media sosial salah satunya Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen produksi konten media MTs Negeri 8 Sleman pasca rebranding dari MTs Negeri 1 Prambanan Periode Mei 2022 - November 2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 8 Sleman dengan melakukan wawancara dengan Waka Kurikulum dan guru Teknologi Informasi dan Komunikasi MTs Negeri 8 Sleman serta mengumpulkan data dari sumber-sumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi Konten yang dilakukan oleh MTs Negeri 8 Sleman dari tahap share, MTs Negeri 8 Sleman telah berhasil menggunakan media sosial, terutama Facebook sebagai platform untuk berbagi konten kepada ibu dari calon siswa secara efektif dan relevan, berhasil berpartisipasi dengan followers mereka melalui cara mengunggah konten yang berkaitan dengan kegiatan sekolah dan membalas pesan yang ditanyakan, belum terlalu konsisten dalam mengunggah konten, tidak memiliki upaya khusus untuk memastikan postingan mereka dilihat, dan berhasil membangun kepercayaan pada followers dengan mengunggah konten yang mencerminkan kegiatan yang sesungguhnya terjadi di madrasah. Pada tahap optimize, dalam mengamati perbincangan khalayak, mereka lebih memilih melihat berita-berita terkini yang sedang viral daripada mencermati mentions di media sosial. Sekolah ini juga tidak terpaku pada apa yang sedang viral dalam menciptakan konten, tetapi lebih mengutamakan panduan dan prinsip sekolah yang telah ditetapkan, terlibat dalam komunikasi dua arah dengan membalas pesan dan komentar dari followers. Pada tahap manage, MTs Negeri 8 Sleman masih terus mengusahakan untuk membuat dan mengupload konten setiap harinya, hanya menyampaikan laporan secara lisan tanpa membuat laporan tertulis dan tidak melakukan evaluasi jangka panjang, kurang cepat tanggap dalam merespon followers, dan tidak melibatkan diri dalam diskusi langsung. Pada tahap engage, MTs Negeri 8 Sleman tidak melibatkan influencers, dan hanya ingin followers sekedar melihat dan memberi like pada konten yang sudah dibuat dan diunggah tanpa ingin followers untuk mengambil tindakan lebih pada konten yang telah dibagikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Content Production, Produksi Konten, MTs Negeri 8 Sleman, Rebranding |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 09:56 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 09:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40892 |