CYBER PUBLIC RELATIONS MANAGEMENT IN INSTAGRAM ACCOUNT @DPRD_DIY IN 2021-2022

MARSYA ALIFIANA NUR AQILA (2023) CYBER PUBLIC RELATIONS MANAGEMENT IN INSTAGRAM ACCOUNT @DPRD_DIY IN 2021-2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Memasuki era digital saat ini, sudah banyak organisasi yang menggunakan teknologi internet salah satunya untuk membuat email, website dan media sosial. Teknik komunikasi yang efektif dan pemanfaatan media relations harus dikuasai oleh praktisi humas dalam instansi pemerintahan. Karena itu, pemerintah juga mulai mengimplementasikan kegiatan cyber PR untuk meningkatkan kinerja pemerintah baik dari segi informasi maupun komunikasi dengan masyarakat. Salah satu strategi yang bisa digunakan oleh praktisi humas pemerintah dalam menyebarkan informasi dan komunikasi secara luas dan efektif adalah cyber public relations.Sistem informasi yang memanfaatkan cyber public relations ini digunakan pemerintah dalam rangka memberikan informasi, pelayanan publik, meningkatkan partisipasi publik, mempermudah komunikasi dengan publik, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih rinci proses pengelolaan cyber public relations dalam akun Instagram @dprd_diy pada periode 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humas dan Protokol Sekretariat DPRD DIY sudah menerapkan empat tahapan manajemen PR yaitu fact finding dengan melakukan analisis situasi, planning programming dengan menetapkan tanggung jawab, tujuan, target sasaran, serta dalam pengelolaan konten publikasi, kemudian taking actions and communications dengan melakukan kegiatan cyber public relations, dan yang terakhir evaluations dengan memonitoring dan evaluasi. Dalam menjalankan tahapan elemen dasar cyber public relations Humas dan Protokol Sekretariat DPRD DIY telah melaksanakan empat tahapan tersebut yaitu transparency, internet porosity, The Internet as an Agent, Richness in Content and Reach. Namun, dalam menjalankan tahapan elemen dasar cyber public relations masih terdapat kekurangan dan belum maksimal. Selain itu, terdapat kendala pada pengelolaan instagram DPRD DIY yaitu kerja sama tim yang kurang dan SDM yang kurang memadai serta banyaknya agenda sehingga membuat tim menjadi kesusahan dan kesulitan dalam mengejar target untuk mempublis suatu informasi atau berita di instagram DPRD DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations, Instagram, Information and Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:58
Last Modified: 24 Oct 2023 07:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40930

Actions (login required)

View Item
View Item