ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN TERHADAP KECELAKAAN DI RUAS JALAN PRAMBANAN � PIYUNGAN KM 3,4 - KM 7,36 SLEMAN

UMI KALSUM ALWAN (2023) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN TERHADAP KECELAKAAN DI RUAS JALAN PRAMBANAN � PIYUNGAN KM 3,4 - KM 7,36 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Jalan sebagai prasarana transportasi darat yang penting dalam menghubungkan antar wilayah. Jalan Prambanan � Piyungan Km 3,4 � Km 7,36 adalah jalan provinsi dengan fungsi kolektor primer III yang menghubungkan antara Ibukota Kabupaten Sleman dan Bantul. Pada ruas jalan ini terdapat banyak simpang dan jalan lurus yang berpotensi menyebabkan kecelakaan  terutama kendaraan yang melintas di ruas jalan ini yang didominasi oleh sepeda motor dan kendaraan barang yang besar. Sehingga, perlu prasarana yang lengkap agar dapat meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kecelakaan, mengevaluasi geometrik jalan dengan survei Inspeksi Keselamatan Jalan, menganalisis dan membandingkan jalan eksisting dengan peraturan Bina Marga 2021 tentang Pedoman Desain Geometrik Jalan menggunakan software AutoCAD Civil 3D, serta menganalisis hubungan geometrik jalan dengan kecelakaan. Maka dari itu, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil analsis, didapatkan bahwa tipe kecelakaan yang tertinggi depan-samping 39,13%, tunggal 14,49%, depan-depan 11,59%, samping-samping 11,59%, depan-belakang 11,59%, tabrak lari 11,59 yang didominasi oleh sepeda motor sebesar 78,67%. Hasil inspeksi keselamatan jalan menunjukkan bahwa jumlah lajur dan jalur lalu lintas, serta lebar lajur dan lebar bahu jalan telah sesuai dengan Peraturan Bina Marga 2021. Pemodelan geometrik menggunakan software AutoCAD Civil 3D Student Version didapatkan alinemen horizontal telah memenuhi jari-jari minimum. Sementara kelandaian alinemen vertikal semuanya memenuhi persyaratan (kurang dari 6 persen) kecuali 1 lengkung vertikal tidak memenuhi jarak pandang. Secara umum, geometrik jalan ini telah memenuhi persayaratan Bina Marga 2021. Sehingga direkomendasikan untuk menganalisis kecepatan kendaraan sebagai faktor penyebab kecelakaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Accident, AutoCAD Civil 3D, Road Geometric
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:51
Last Modified: 24 Oct 2023 07:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40969

Actions (login required)

View Item
View Item