UMI KALSUM ALWAN (2023) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN TERHADAP KECELAKAAN DI RUAS JALAN PRAMBANAN � PIYUNGAN KM 3,4 - KM 7,36 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (723kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Bab I.pdf
Download (369kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (539kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Jalan sebagai prasarana transportasi darat yang penting dalam menghubungkan antar wilayah. Jalan Prambanan � Piyungan Km 3,4 � Km 7,36 adalah jalan provinsi dengan fungsi kolektor primer III yang menghubungkan antara Ibukota Kabupaten Sleman dan Bantul. Pada ruas jalan ini terdapat banyak simpang dan jalan lurus yang berpotensi menyebabkan kecelakaan terutama kendaraan yang melintas di ruas jalan ini yang didominasi oleh sepeda motor dan kendaraan barang yang besar. Sehingga, perlu prasarana yang lengkap agar dapat meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kecelakaan, mengevaluasi geometrik jalan dengan survei Inspeksi Keselamatan Jalan, menganalisis dan membandingkan jalan eksisting dengan peraturan Bina Marga 2021 tentang Pedoman Desain Geometrik Jalan menggunakan software AutoCAD Civil 3D, serta menganalisis hubungan geometrik jalan dengan kecelakaan. Maka dari itu, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil analsis, didapatkan bahwa tipe kecelakaan yang tertinggi depan-samping 39,13%, tunggal 14,49%, depan-depan 11,59%, samping-samping 11,59%, depan-belakang 11,59%, tabrak lari 11,59 yang didominasi oleh sepeda motor sebesar 78,67%. Hasil inspeksi keselamatan jalan menunjukkan bahwa jumlah lajur dan jalur lalu lintas, serta lebar lajur dan lebar bahu jalan telah sesuai dengan Peraturan Bina Marga 2021. Pemodelan geometrik menggunakan software AutoCAD Civil 3D Student Version didapatkan alinemen horizontal telah memenuhi jari-jari minimum. Sementara kelandaian alinemen vertikal semuanya memenuhi persyaratan (kurang dari 6 persen) kecuali 1 lengkung vertikal tidak memenuhi jarak pandang. Secara umum, geometrik jalan ini telah memenuhi persayaratan Bina Marga 2021. Sehingga direkomendasikan untuk menganalisis kecepatan kendaraan sebagai faktor penyebab kecelakaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Accident, AutoCAD Civil 3D, Road Geometric |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40969 |