SHABRINA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA BAHASA SYARIAH BOROBUDUR UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (639kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Bab I.pdf
Download (590kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (59kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia (13,1 persen dari total jumlah penduduk muslim dunia) memiliki modal dasar dalam menjadi destinasi utama para wisatawan muslim. Kondisi ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang memiliki kultur budaya Islam yang kental dan negara yang kondusif dalam menyambut wisatawan muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan Desa Bahasa Syariah Borobudur dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di masa pandemi Covid-19 ini. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang meliputi jenis penelitian, objek penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan pada pelaksanaan strategi customer relations sudah berjalan dengan cukup baik, Strategi customer relations yang digunakan oleh Homestay Desa Bahasa Syariah dalam mempertahankan loyalitas pelanggan yaitu dengan memberikan pelayanan prima, menjaga kepuasan pelanggan, meningkatkan mutu produk dan fasilitas, menanggapi kritik saran dan keluhan yang diberikan pelanggan (complain handling) serta menerapkan program CRM yang berupa promosi penjualan serta memberikan hiburan dan fasilitas yang memadai bagi pelanggan, Namun demikian terdapat beberapa faktor yang kurang diperhatikan oleh pihak Homestay Desa Bahasa Syariah dalam melaksanakan customer relations seperti belum memaksimalkan penggunaan pelayanan yang berbasis teknologi seperti sosial media dan website yang digunakan oleh pihak Homestay Desa Bahasa. Padahal media tersebut bisa dimanfaatkan untuk melaksanaakan customer relations dengan sisi baik yang lebih banyak di masa Pandemi COVID-19.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy, Customer Relations, Customer Loyalty, COVID-19 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40975 |