PENGEMBANGAN GIM BLOCKADE OFFLINE

RASYID HIDAYATULLAH (2023) PENGEMBANGAN GIM BLOCKADE OFFLINE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gim Blockade menjadi gim digital versi offline berdasarkan Game Design Document (GDD) yang telah dibuat sebelumnya oleh Sulistio Sanjaya. Gim ini merupakan sebuah gim strategi yang dimainkan oleh dua pemain pada sebuah papan dengan blok berbentuk tetris untuk digerakkan. Penelitian ini difokuskan pada tahap produksi dan pengujian, dengan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dan metode pengujian black box testing.Pada tahap produksi, peneliti melakukan identifikasi fitur gameplay dan merancang use case diagram, activity diagram, algoritma, dan antarmuka gim Blockade versi offline. Kemudian, implementasi dilakukan melalui proses coding dan pembuatan antarmuka gim. Setelah itu, dilakukan pengujian menggunakan metode black box testing untuk memastikan fungsionalitas keseluruhan gim dan kompatibilitas dengan berbagai versi Android dan ukuran layar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa gim Blockade versi offline telah berhasil dikembangkan sesuai dengan GDD. Fitur-fitur gim yang telah dibuat meliputi board, blok bar, blok hitam, blok, timer, menentukan urutan pemain, menampilkan board, random blok hitam, mengatur timer, menampilkan blok, memutar blok, dan turn phase. Pengujian juga menunjukkan bahwa gim ini berjalan dengan baik pada berbagai versi Android dan ukuran layar, menunjukkan tingkat portabilitas yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Digital game, Strategy game, Game Design Document, Game Development Life Cycle, Black box testing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:39
Last Modified: 24 Oct 2023 07:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40994

Actions (login required)

View Item
View Item