IKHTIMAMI AZIZAH (2023) PENDIDIKAN SEKSUAL BERBASIS NILAI ISLAM UNTUK MENGETASI KEKERASAN SEKSUAL ANAK DALAM KELUARGA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Bab I.pdf
Download (290kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (494kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (667kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan seksual pada anak dapat menjadikan anak aman dari kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait pola asuh, komponen dan rancangan model pendidikan seksual berbasis nilai-nilai Islam. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Lokasi penelitian dilakukan di kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta. Sebjek penelitian adalah anak SD, orangtua dan masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir adalah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Pola asuh yang digunakan orangtua dalam melaksanakan pendidikan seksual berbasis nilai Islam meliputi tiga pola asuh. Hal tersebut meliputi pola asuh otoriter, permisif dan demokratis. Pola asuh yang paling banyak digunakan adalah pola asuh demokratis. Sementara pola asuh permisif dan otoriter, sedikit orangtua yang menggunakannya. (2) Komponen yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pendidikan seksual berbasis nilai Islam meliputi tujuan, pendidik, peserta didik, materi, metode, media, sarana, evaluasi. Komponen pendidikan seksual tersebut sudah terpenuhi selama praktik pendidikan seksual. Meskipun begitu, ditemukan beberapa kendala dalam praktinya. Kendala tersebut yakni sedikitnya kontribusi ayah dan monotonnya cara penyampaian pendidikan seksual. (3) Rancangan model pendidikan seksual berbasis nilai Islam meliputi nilai Islam, tujuan, pendidik, peserta didik, materi, metode, media, fasilitas, lingkungan, evaluasi dan hasil. Di dalam rancangan tersebut, nilai ajaran Islam menempati posisi paling tinggi. Nilai ajaran Islam dijadikan dasar dalam penentuan tujuan pendidikan seksual.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sexual Education, Islamic Values, Sexual Violence |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:39 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40995 |