Intan Izza Purnamasari (2021) THE CORRELATION BETWEEN SELF-ESTEEM AND SPEAKING SKILL OF EFL STUDENTS AT ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (571kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (604kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (437kB)
Bab I.pdf
Download (451kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (610kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (437kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (546kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
<p>Self-esteem, sebagai salah satu faktor penting dari ranah afektif manusia, telah terbukti memainkan peran yang sangat penting dalam keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) tingkat self-esteem siswa EFL, 2) tingkat keterampilan berbicara siswa EFL, dan (3) korelasi antara tingkat self-esteem dan keterampilan berbicara siswa EFL. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah 133 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tentang hubungan self-esteem dengan menanyakan keterampilan berbicara mahasiswa mata kuliah Listening and Speaking for Daily Conversation. Skor keterampilan berbicara siswa hanya diambil dari penilaian keterampilan berbicara yang meliputi Wawancara Informasi Pribadi, Presentasi Lisan, Wawancara Orang Asing, dan Roleplay. Instrumen dalam penelitian ini dikategorikan validitas hwas tinggi dan reliabilitas tinggi. Nilai validitas 0,94 dari 20 pernyataan yang divalidasi. Sedangkan dengan pemeriksaan expert judgement. Instrumen juga reliabel, dan nilai reliabilitas 0,79 dari 20 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata self-esteem siswa adalah 2,52 yang berarti siswa memiliki self-esteem yang tinggi. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa adalah 74,59 yang berarti tingkat keterampilan berbicara siswa sangat tinggi. Sedangkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,254. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara self-esteem siswa dengan keterampilan berbicara. Kemudian, korelasi yang signifikan (nilai ? = ??0,03) dan (nilai r = 0,254) berada pada korelasi lemah, sehingga hipotesis alternatif (H1) yaitu ada hubungan yang signifikan antara self-esteem siswa dengan keterampilan berbicara diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin banyak siswa yang memiliki self-esteem yang tinggi maka siswa akan semakin lancar berbahasa Inggris.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 02:24 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 02:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4115 |