STRATEGI DPRD KABUPATEN BANTUL DALAM MENAMPUNG ASPIRASI MASYARAKAT PERIODE 2019-2024(STUDI KASUS: PERDA NOMOR 13 TAHUN 2020TENTANG PEMBANGUNAN KELUARGA)

EVITA CANDRA DEWI (2023) STRATEGI DPRD KABUPATEN BANTUL DALAM MENAMPUNG ASPIRASI MASYARAKAT PERIODE 2019-2024(STUDI KASUS: PERDA NOMOR 13 TAHUN 2020TENTANG PEMBANGUNAN KELUARGA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Pasal 96 dan Pasal 149 menjelaskan bahwa dalam rangka melaksanakan fungsinya setiap anggota DPRD Provinsi ataupun DPRD Kabupaten/Kota harus melakukan penjaringan terhadap aspirasi masyarakat. Hal tersebut juga yang menjadi perhatian DPRD Bantul dalam menciptakan Perda Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Pembangunan Keluarga yang diharapkan dpat menyelesaikan masalah yang terjadi ditengah masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi DPRD Bantul dalam menampung aspirasi masyarakat periode 2019-2024 dengan studi kasus Perda Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Pembangunan Keluarga.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif  deskriptif. Metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian dengan menghasilkan data berbentuk deskriptif berupa kata-kata dari pengamatan. Penelitian dengan menghasilkan data berbentuk deskriptif berupa kata-kata dari pengamatan. Hasil penelitian didasarkan pada hasil wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data dimulai dari pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat sembilan indikator dalam perumusan strategi. Diawali dengan persetujuan awal proses perencanaan strategis sampai dengan evalusi ulang startagis menggunakan pendekataan dari John M. Bryson. Dewan Perwakilan Rakyat Darah Bantul mengimplementasikan startegi dengan salah satu strategi yang efektif untuk menampung aspirasi masyarakat terkait dengan Perda Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Peembangunan Keluarga dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah melakukan audensi dengan masyarakat atau dengan melakukan Public hearing dimana masyarakat diwakilakan oleh organisasi atau lembaga masyaarakt untuk menyampaikan keluh kesah yang terjadi di tengah kehidupan masyarakat. Selain intu pendekatan dengan masyarakat yang dilakukan secara informal juga dinilai cukup efektif untuk menampung aspirasi masyarakat.Saran yang dapat diberikan penulis adalah memberikan pendidikan politik kepada masyarakat juga dianggap hal yang perlu karena sebagian masyarakat daerah Kabupaten Bantul belum memahami betapa pentingnya aspirasi. Pemanfaatan teknologi juga pentig dan hal itu dapat membantu msyarakat dalam penyampaian aspirasi tanpa batasan waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Aspirations, DPRD, Regional Regulation Number 13 of2020 Concerning Family Development
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:48
Last Modified: 24 Oct 2023 06:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41151

Actions (login required)

View Item
View Item