KEEFEKTIFAN PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG

KHOIRUNNISAA TIARA HUSNAA (2023) KEEFEKTIFAN PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keefektifan permainan bisik berantai terhadap pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Permainan bisik berantai ini digunakan sebagai alat untuk menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan true eksperimental design dengan sampel siswa kelas X SMK Kesehatan Sadewa Yogyakarta dengan jumlah 64 orang yang terdiri dari 32 orang untuk kelas eksperimen dan 32 orang untuk kelas kontrol. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji t hitung = 1.625 <  t tabel = 2.042 menurut uji kriteria hipotesis berbunyi H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, tetapi pada hasil uji normalized gain rata-rata kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0.709 yang berarti memasuki kategori tinggi dan kelas kontrol mendapatkan nilai sebesar 0.484 yang berarti memasuki kategori sedang. Hasil penyebaran angket hampir seluruh mahasiswa setuju bahwa penggunaan metode permainan bisik berantai dapat meningkatkan kosakata bahasa Jepang. Dengan begitu penggunaan metode permainan bisik berantai dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang efektif mampu meningkatkan pembendaharaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Chain Whisper Game, Japanese Vocabulary
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:56
Last Modified: 19 Oct 2023 09:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41161

Actions (login required)

View Item
View Item