KHOIRUNNISAA TIARA HUSNAA (2023) KEEFEKTIFAN PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (366kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (319kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (605kB)
Bab I.pdf
Download (400kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (644kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (747kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang keefektifan permainan bisik berantai terhadap pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Permainan bisik berantai ini digunakan sebagai alat untuk menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan true eksperimental design dengan sampel siswa kelas X SMK Kesehatan Sadewa Yogyakarta dengan jumlah 64 orang yang terdiri dari 32 orang untuk kelas eksperimen dan 32 orang untuk kelas kontrol. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji t hitung = 1.625 < t tabel = 2.042 menurut uji kriteria hipotesis berbunyi H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, tetapi pada hasil uji normalized gain rata-rata kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0.709 yang berarti memasuki kategori tinggi dan kelas kontrol mendapatkan nilai sebesar 0.484 yang berarti memasuki kategori sedang. Hasil penyebaran angket hampir seluruh mahasiswa setuju bahwa penggunaan metode permainan bisik berantai dapat meningkatkan kosakata bahasa Jepang. Dengan begitu penggunaan metode permainan bisik berantai dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang efektif mampu meningkatkan pembendaharaan kosakata siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Chain Whisper Game, Japanese Vocabulary |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:56 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41161 |