DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH SHALAT PADA MAHASISWA (STUDI KASUS UKM E-SPORT ARENA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)

REVI ANDIKA (2023) DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH SHALAT PADA MAHASISWA (STUDI KASUS UKM E-SPORT ARENA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul �Dampak Bermain�Game�Online Terhadap�Pelaksanaan Ibadah Shalat Pada Mahasiswa (Studi Kasus UKM E-Sport Arena Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)�. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak dari bermain�game�online terhadap pelaksanaan ibadah shalat pada mahasiswa di UKM E-Sport Arena Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan menyebutkan upaya apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa di UKM E-Sport Arena Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk meminimalisir dampak dari bermain game online tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Peneliti mendapatkan hasil penelitian yaitu, dampak positif game online adalah melatif fokus para pemain dan sekaligus bisa belajar bahasa Inggris. Disisi lain, game online juga sebagai pelepas penat dan stress bahkan ada yang menghasilkan uang dari bermain game online tersebut. Sedangkan dampak negatif dari game online adalah ketagihan bermain game online membuat lalai akan shalat, game online mengganggu fokus dalam melaksanakan ibadah shalat, selain itu dampak negatif lainnya dari game online: penurunan aktivitas gelombang otak depan, penurunan aktivitas gelombang beta, menimbulkan ketagihan, terisolir dengan lingkungan sekitar, gangguan psikologis, menurunnya semangat belajar, serta pemborosan waktu. Selain itu, upaya yang dilakukan untuk meminimalisir dampak game online terhadap ibadah shalat adalah perlu adanya bimbingan dari orang tua, instansi dan masyarakat kepada para pecandu game online sehingga para pemain game online tidak kecanduan dan ketergantung dengan game online tersebut, dibutuhkan juga sikap tegas dari instansi untuk memberi sanksi kepada para pemain game online ini, sanksi bisa berupa mengaji, menghafal Al-Qur�an dan lain sebagainya yang berbentuk positif, edukasi kepada para mahasiswa agar tidak kecanduan dalam bermain game online.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Impact, Online Games, Prayer
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:49
Last Modified: 19 Oct 2023 09:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41188

Actions (login required)

View Item
View Item