REVI ANDIKA (2023) DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH SHALAT PADA MAHASISWA (STUDI KASUS UKM E-SPORT ARENA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (623kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul �Dampak Bermain�Game�Online Terhadap�Pelaksanaan Ibadah Shalat Pada Mahasiswa (Studi Kasus UKM E-Sport Arena Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)�. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak dari bermain�game�online terhadap pelaksanaan ibadah shalat pada mahasiswa di UKM E-Sport Arena Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan menyebutkan upaya apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa di UKM E-Sport Arena Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk meminimalisir dampak dari bermain game online tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Peneliti mendapatkan hasil penelitian yaitu, dampak positif game online adalah melatif fokus para pemain dan sekaligus bisa belajar bahasa Inggris. Disisi lain, game online juga sebagai pelepas penat dan stress bahkan ada yang menghasilkan uang dari bermain game online tersebut. Sedangkan dampak negatif dari game online adalah ketagihan bermain game online membuat lalai akan shalat, game online mengganggu fokus dalam melaksanakan ibadah shalat, selain itu dampak negatif lainnya dari game online: penurunan aktivitas gelombang otak depan, penurunan aktivitas gelombang beta, menimbulkan ketagihan, terisolir dengan lingkungan sekitar, gangguan psikologis, menurunnya semangat belajar, serta pemborosan waktu. Selain itu, upaya yang dilakukan untuk meminimalisir dampak game online terhadap ibadah shalat adalah perlu adanya bimbingan dari orang tua, instansi dan masyarakat kepada para pecandu game online sehingga para pemain game online tidak kecanduan dan ketergantung dengan game online tersebut, dibutuhkan juga sikap tegas dari instansi untuk memberi sanksi kepada para pemain game online ini, sanksi bisa berupa mengaji, menghafal Al-Qur�an dan lain sebagainya yang berbentuk positif, edukasi kepada para mahasiswa agar tidak kecanduan dalam bermain game online.
Dosen Pembimbing: | Imam Suprabowo, Dr. , S.Sos.I., M.Pd.I. | NIDN0513028702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Impact, Online Games, Prayer |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |