KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di SD IT dan SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta)

Sarifatul Kusmarawati (2020) KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di SD IT dan SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan kecerdasan emosional peserta didik di lembaga pendidikan Islam yang dilakukan di SD IT dan SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan mix method yaitu pendekatan kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan skala Likert, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis deskriptif frekuensi serta analisis deskriptif item soal kuisioner (kuantitatif).
Hasil penelitian ini yaitu : (1) Tingkat kecerdasan emosional peserta didik di SD IT Alam Nurul Islam Yogyakarta menunjukan hasil sedang (50,6 %); (2) Tingkat kecerdasan emosional peserta didik di SMP IT Alam Nurul Islam Nurul Islam Yogyakarta menunjukan hasil sedang (64,1%); (3) Pengembangan kecerdasan emosional peserta didik di lembaga pendidikan Islam memiliki konsep yang tidak hanya mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik melainkan juga memberikan pemahaman tentang keagamaan yang maksimal; (4) Faktor yang memengaruhi dalam perkembangan kecerdasan emosional siswa di SD IT dan SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta adalah jenis kelamin, pola asuh orangtua, lingkungan sekolah, dan kondisi siswa (faktor internal).

Kata Kunci : kecerdasan emosional, peserta didik, lembaga pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:11
Last Modified: 23 Oct 2021 01:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item
View Item