ABDUL ILAH FANSHURI (2023) DESAIN DAN ANALISIS STRUT BAR BMW E34. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (691kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Bab I.pdf
Download (254kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (791kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (747kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
BMW 5 series dengan kode bodi E34 menjadi alternatif E36 dikarenakan ukuran yang masih tergolong kompak dengan menawarkan transmisi manual dan mesin 6 silinder seperti yang terdapat pada E36. Namun pengendalian E34 kurang mumpuni akibat chassis flex. Strut bar merupakan komponen otomotif yang umum digunakan pada kendaraan dengan jenis suspensi MacPherson yang bertujuan untuk mengurangi flex pada sasis. Strut bar yang mengikat kedua strut tower dengan firewall hingga membentuk konstruksi triangular, meningkatkan torsional stiffness dari sasis sebesar 10%, sebagai perbandingan, strut bar yang tidak terikat dengan firewall hanya meningkatkan torsional stiffness sebesar 1%-5%.Penelitian ini diawali dengan melakukan pengukuran pada strut bar dan ruang mesin mobil sehingga didapatkan ukuran lebar, panjang dan tinggi ruang mesin yang kemudian menjadi acuan untuk desain model strut bar baru pada software Solidworks. Hasil desain pada software Solidworks di-input pada software ANSYS untuk dapat dilakukan simulasi pembebanan statis dan melakukan analisa sehingga didapatkan hasil berupa grafik yang dapat menjadi acuan untuk desain selanjutnya.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, model improvement dengan konstruksi triangular memiliki tingkat torsional rigidity yang lebih baik daripada existing model tanpa konstruksi triangular. Model improvement dengan material Chromoly 4130 memiliki nilai total deformation paling kecil pada pengujian compression, flex, dan torsion, yaitu sebesar 0,442 mm, 2,883 mm, dan 2,7 mm. Berat model strut bar yang dilakukan penelitian, menunjukkan model improvement Aluminiun 6061-T6 adalah model yang paling ringan dengan 0,995 kg, sedangkan model improvement dengan material Chromoly 4130 dan Aluminium 6061-T6 adalah model yang paling berat dengan 2,8 kg.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strut Bar, MacPherson Strut, Flex, CAD, FEM, Design |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 09:15 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 09:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41202 |