RIFKI YUANDA (2023) PENDIDIKAN AKHLAK BERDASARKAN SURAH AL MUJADALAH AYAT 11 SERTA RELEVANSINYA DI ZAMAN SEKARANG (STUDI ANALISIS TAFSIR AL MUNIR). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (330kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Bab I.pdf
Download (270kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (513kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (361kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (416kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan salah satu pendidikan yang utama dalam proses pendidikannya lainnya, banyak hal yang dapat dinilai dari diri atau perilaku manusia hanya dengan Pendidikan akhlak. Terlebih di zaman sekarang pendidikan akhlak dan praktekknya sudah sangat minim dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai penting dan relevansinya pendidikan akhlak yang dimiliki oleh manusia terlebih penuntut ilmu berdasarkan ayat 11 dari surah Al Mujadalah dalam Al- Qur�an. Penelitian ini peneliti menggunakan metode library research (penelitian pustaka), yaitu menggunakan semua jenis referensi seperti buku, jurnal papers, artikel, skripsi dan lain-lain. Dalam metode ini peneliti juga menggunakan metode tafsir maudh�I atau metode tematik untuk menjelaskan hasil dari penelitiannya. Penelitian ini juga hanya berdasarkan pemikiran atau perspektif Wahbah Az Zuahili pada ayat 11 QS Al Mujadalah dalam Tafsir Al Munir, data yang digunakan dalam penelitian terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Untuk data primer peneliti menggunakan kitab Tafsir Al Munir karya Wahbah Az Zuhaili, sedangkan untuk data sekundernya menggunakan buku-buku, jurnal, halaman website, dan pendukung lainnya. Sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif analisis dan konten analisis, sumber-sumber yang ada dikumpulkan kemudian dianalisis secara kritis, serta pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan akhlak memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia, hal itu karena dengan memiliki akhlak atau menjalani pendidikan akhlak seseorang bisa memanusiakan manusia lainnya dengan benar dan baik, serta terangkat derajatnya di sisi Allah bagi mereka yang berakhlak, berilmu dan beriman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Morals, Moral Education, Relevance, Surah Al Mujadalah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:44 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41256 |