MIFTAHUL JANNAH AL FASYA (2023) STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIVE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (967kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (525kB)
Bab I.pdf
Download (290kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (599kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (987kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (686kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa terlibat secara aktif baik fisik maupun mental dengan menunjukkan keantusiasan dalam belajar. Oleh karena itu, upaya guru BK dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa sangatlah penting. Salah satunya dengan menggunakan teknik reinforcement positive. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan strategi Guru BK menggunakan teknik reinforcement positive dalam meningkatkan minat belajar (2) untuk mengetahui minat belajar siswa (3) untuk mengetahui apa saja faktok-faktor yang mempengaruhi strategi Guru BK menggunakan teknik reinforcement positive. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan mengenai gambaran strategi Guru BK menggunakan teknik reinforcement positive yang dilakukan berupa penguatan secara verbal dan non-verbal. Kemudian mengenai minat belajar siswa menunjukkan bahwa ada yang memiliki minat yang rendah dan minat yang tinggi. Adapun faktor yang mempengaruhi pemberian reinforcement positive yaitu adanya faktor pendukung dan faktor pemghambat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategies of Guidance and Counseling Teachers, Learning Interest, Positive Reinforcement Techniques |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41271 |