ARTI SUCI MULIYANI (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SOSIAL SISWA PASCA PANDEMI DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (760kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Bab I.pdf
Download (112kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (283kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (901kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Indeks karakter siswa jenjang pendidikan menengah (2021) menyatakan bahwa pandemi covid-19 memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter siswa jika karakter siswa dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karakter siswa kini menurun sebab kondisi pandemi telah menuntut perubahan cara pandang, budaya serta perilaku yang dianggap tepat dalam meneruskan proses pendidikan. Ada banyak faktor yang menyebabkan penurunannya karakter siswa dan salah satunya adalah peran guru agama. Adapun penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam; 2) Mengetahui peluang dan tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan karakter sosial siswa di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, guru Pendidikan Agama Islam kelas 12, dan 2 siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini guru PAI kelas 12 memiliki strategi penanaman karakter dengan memberikan contoh sebagai guru tedalan, adapun peluang dan tantangan yang dihadapi adalah latar membangun hubungan dengan latar belakang siswa yang beragam, memberikan pemahaman etika dan moral, dan melibatkan orang tua.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy, Teacher, Islamic Education, Social Characters |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:35 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41283 |