AHMAD FUAD FAUZAN (2023) UPAYA PENGENDALIAN KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK REKONSTRUKSI JALAN DI KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (865kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (21kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (56kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (801kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (546kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dengan meningkatnya kegiatan konstruksi kecelakaan kerja pada suatu kegiatan konstruksi menjadi hal yang sulit untuk dipisahkan. Berdasarkan data yang nyata BPJS mencatat kecelakaan kerja di Indonesia memiliki peningkatan setiap tahunnya, dengan adanya penerapan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja tentu diharapkan mampu menekan angka kasus kecelakaan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang ada di proyek Rekonstruksi Jalan Batas Wates-Milir-Sentolo di Kulon Progo. Dengan dilakukan penelitian ini, maka hal yang menjadi gangguan dalam menciptakan proses berkerja yang aman dan memiliki nilai risiko rendah dapat ditingkatan serta menghindari hal yang menjadikan suatu pekerjaan memiliki nilai risiko tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif dengan pengumpulan berupa penyebaran kusioner kepada 5 responden terpilih yang mana data tersebut akan menjelaskan bagaimana dampak dan upaya penerapan yang dilakukan pada proyek. Berdasarkan data yang terkumpul penelitian ini menunjukkan angka-angka yang masuk dalam risiko rendah dengan analisis yang dilakukan pada risk matriks di mana hasil perhitungan yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel pada setiap pekerjaan. Dari hasil penelitian ini, maka didapatkan tingkat risiko tertinggi terletak pada pekerjaan tanah dengan rata-rata nilai risiko 3,48, diikuti dengan perkerjaan persiapan sebesar 2,99, lalu perkerasan aspal dengan nilai 2,92 dan drainase 2,90.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Accident of Labor, K3, Project Construction, Risk Matriks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:35 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41285 |