SINTA NUR INDAH (2023) PENGEMBANGAN POTENSI DIRI SANTRI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) KLATEN DALAM PROGRAM PENGABDIAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (405kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Bab I.pdf
Download (27kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (239kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (53kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (631kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Setiap manusia memerlukan pendidikan, karena pendidikan sangat berpengaruh terhadap sikap dan tindakan setiap individu. Rendahnya potensi diri yang dimiliki generasi saat ini membutuhkan adanya sistem pendidikan yang baik guna persiapan menghadapi perubahan zaman. Rendahnya potensi diri juga terjadi di golongan santri pesantren, maka di dalam beberapa pondok pesantren mulai diterapkan program pengabdian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program pengabdian dan pengembangan potensi diri santri Muhammadiyah Boarding School (MBS) Klaten memalui program pengabdian. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik memeriksa keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan data atau verifikasi. Penelitian ini dilakukan di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Klaten dengan informan yang terdiri dari kepala Madrasah Aliyah, kepala bidang pengabdian dan lima santri pengabdian. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Program pengabdian di MBS Klaten berjalan dengan baik dan tertata setiap tahunnya, santri pengabdian membutuhkan 7-8 jam per hari untuk bertugas di madrasah dan 24 jam di pesantren. Madrasah membebaskan seluruh tenaga pendidik untuk menyalurkan ilmu kepada santri dengan berbagai metode. Program pengabdian di MBS Klaten memberikan dampak yang positif bagi pengembangan potensi diri santri, di antaranya pada potensi mental intelektual (IQ), sosial emosional (EL), dan mental ketangguhan (AQ) santri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Self-Potential, Service Program |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:34 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41287 |