GALIH ALFIYATINA QOSASIH (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA PROSES PENDIDIKAN KARAKTER TARUNA (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 SUBANG). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan karakter adalah metode penamaan prinsip-prinsip moral yang mencakup pengetahuan, kesadaran atau kehendak, dan tindakan untuk menegakkan prinsip-prinsip tersebut dalam hubungan seseorang dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, orang lain, lingkungan, dan negara seseorang. Komunikasi interpersonal sangat berpengaruh dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah, pendidikan karakter adalah suatu pembentukan karakter, watak, atau pribadi guna menjadikan siswa sekolah tersebut tidak melanggar peraturan, norma, dan adat yang sudah ada di negaranya. Subjek penelitian ini difokuskan kepada guru, tenaga kependidikan, dan taruna yang berkaitan langsung dan memahami proses serta hasil pendidikan karakter di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan analisis naratif deskriptif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil dari komunikasi interpersonal guru dan tenaga kependidikan pada proses pendidikan karakter taruna memperoleh hasil positif. (a). Gambaran komunikasi interpersonal :adanya keterbukaan, sikap positif, dukungan, empati, serta kesetaraan terjalin ketika berkomunikasi dengngan siswa pun sebaliknya. (b), Pelaksanaan pendidikan karakter : seluruh kegiatan dari awal hingga akhir lulus sekolah adalah kegiatan pendidikan karakter, adapun kegiatan mendukung, yaitu : latihan dasar ketarunaan, apel, orientasi, dll. (c). Hasil dari kegiatan pendidikan karakter : siswa mampu bersaing dikancah nasional hingga internasional, siswa lebih disiplin dan berkelakuan baik, siswa juga mampu menerapkan dan menaati standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Dosen Pembimbing: | Cahyo Setiadi Ramadhan, S.Psi., M.Psi., Psi. | NIDN0506058802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Interpersonal Communication, Character Education, Cadet |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:19 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |