SULTAN MUHAMMAD WAHYU PAMUNGKAS (2023) PERSEPSI MAHASISWA PROFESI NERS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERHADAP NURSING BRAND IMAGE PADA MASA POST COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (724kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Bab I.pdf
Download (446kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (528kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (857kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (664kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (998kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK Pendahuluan: Situasi pandemi Covid-19 berhasil mengubah citra perawat secara keseluruhan. Banyak sekali masyarakat dan media pemberitaan di seluruh dunia yang memperlihatkan kontribusi dan kerja keras perawat dalam mengatasi Covid19. Banyak yang beranggapan bahwa perawat digambarkan sebagai pahlawan dan malaikat. Namun anggapan tersebut belum seluruhnya konsisten dengan profesi perawat. Bahkan masih ada yang menilai perawat hanya sebagai asisten dokter atau pembantu dokter dan meremehkan akan kinerja perawatnya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor lebih dalam tentang persepsi mahasiswa Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terhadap nursing brand image pada masa post Covid-19. Metode: Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif. Metode purposive sampling digunakan dalam penentuan informan yang berjumlah 11 (sebelas) mahasiswa Profesi Ners UMY 2018. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara mendalam dengan jenis wawancara semi terstruktur menggunakan media online Microssoft Teams selama 30-45 menit. Analisis data dilakukan menggunakan software open code. Hasil: Hasil penelitian didapatkan 6 (enam) tema dan 20 (subtema) dalam persepsi mahasiswa profesi ners UMY terhadap nursing brand image pada masa post Covid-19. Tema pertama tentang peran perawat didapatkan 4 subtema yaitu: care giver, educator, collaborator, dan agent of change. Tema kedua tentang persepsi positif didapatkan 2 subtema yaitu: pekerjaan yang mulia dan perawat sebagai pahlawan serta malaikat. Tema ketiga tentang persepsi negatif didapatkan 2 subtema yaitu: pembantu dokter dan perawat judes/galak. Tema keempat tentang penerapan nilai keislaman didapatkan 6 subtema yaitu: cara berpakaian yang islami, memfasilitasi kegiatan ibadah, mendoakan pasien membuat tenang, menuntun berdzikir untuk mengurangi rasa sakit/nyeri, memulai dengan Bismillah dan mengakhiri tindakan dengan Alhamdulillah, serta salam dan senyum saat bertemu pasien. tema kelima tentang karakteristik perawat didapatkan 4 subtema yaitu: pengetahuan yang tinggi, caring, pekerja keras, dan bertanggung jawab. Tema keenam tentang kewajiban perawat didapatkan 2 subtema yaitu: memiliki sikap yang baik dan memberikan pelayanan yang optimal. Kesimpulan: Persepsi mahasiswa profesi ners UMY terhadap nursing brand image pada masa post Covid-19 meliputi persepsi positif dan persepsi negatif yang terkait dengan peranan perawat, penerapan nilai keislaman, karakteristik perawat, dan kewajiban perawat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nursing, Nurse Profession Student, Nursing Brand Image, Perception |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:17 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41330 |