MUH. IHYA ALIMUDDIN (2023) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP NURSING BRAND IMAGE DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (41kB)
Bab I.pdf
Download (196kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (911kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (742kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pendahuluan: Saat ini masyarakat telah banyak mengetahui bahwa perawat sangat berperan dalam menangani situasi pandemi Covid-19. Masyarakat melihat pemberitaan di media sosial maupun melihat secara langsung kontribusi seorang perawat sebagai garda terdepan yang membuat persepsi masyarakat mengenai citra seorang perawat menjadi jauh lebih baik. Tergambarkannya perawat sebagai sesorang yang rela berkorban demi kehidupan masyarakat, tetapi sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa perawat itu sebagai profesi pembantu dokter serta memiliki sifat cuek dan judes yang membuat masyarakat beranggapan negatif mengenai profesi perawat.Tujuan Penelitian: Untuk mengeksplorasi persepsi masyarakat terhadap nursing brand image di masa pandemi Covid-19.Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang.Hasil: Penelitian ini menghasilkan 4 tema besar yaitu, karakter perawat, persepsi negatif, peran perawat, dan harapan bagi perawat. Tema pertama didapatkan 7 subtema yaitu bertanggung jawab, care, sabar, rela berkorban, disiplin, ramah, dan bekerja keras. Tema kedua didapatkan 5 subtema yaitu pembantu dokter, judes, cuek, kurang ramah, dan capek. Tema ketiga didapatkan 5 subtema yaitu penolong pertama, menghandel tugas dokter, penyuluh kesehatan, merawat pasien Covid, dan pemberi informasi. Tema keempat didapatkan 5 subtema yaitu adaptif, murah senyum, dekat dengan pasien, ramah, dan tidak terburu-buru.Kesimpulan: Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat terhadap nursing brand image di masa pandemi Covid-19 sangat beragam baik dari persepsi positif maupun negatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perception, Society, Brand image, Nurse, Covid-19 |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:17 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41331 |