ADAPTIVE POLICY DALAM INOVASI PELAYANAN PUBLIK : STUDI KASUS MAL PELAYANAN PUBLIK DI KOTA YOGYAKARTA

NOVAHALDI KRISNA SYAHPUTRA (2023) ADAPTIVE POLICY DALAM INOVASI PELAYANAN PUBLIK : STUDI KASUS MAL PELAYANAN PUBLIK DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kebijakan yang adaptif dalam penerapan MPP di Kota Yogyakarta. Kebijakan yang adaptif dapat terwujud apabila didukung oleh tiga kemampuan, diantaranya thinking ahead kemampuan menganalisis dan mengidentifikasi ketidakpastian kondisi di masa depan, thingking again yakni kemampuan menilai kinerja strategi, kebijakan dan program yang ada untuk didesain ulang agar mencapai hasil yang lebih baik dan thinking across yakni kemampuan untuk belajar dari praktik pihak lain sehingga akan muncul ide-ide baru yang dapat diterapkan pada kondisi internal. Ketiga kemampuan ini harus dimiliki oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mewujudkan kebijakan adaptif serta strategi dalam mengimplementasikan MPP. Sehingga akan terjadi proses adaptasi, pembelajaran dan inovasi pelayanan publik yang berkelanjutan sesuai perubahan lingkungan.Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam memudahkan. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dianggap memudahkan penelitian ini dalam mengeksplor lebih dalam penerapan Mal Pelayanan Publik di Kota Yogyakarta sebagai studi kasus nya.Hasil penelitian menunjukan pertama, kemampuan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui DPMPTSP Kota Yogyakarta dalam mengadaptasi kebijakan MPP melalui proses pengintegrasian layanan yang dapat diakses di JSS. Kedua, DPMPTSP Kota Yogyakarta melakukan penambahan jenis layanan dan loket dilakukan sebagai upaya merespon permasalahan kendala terbatasnya jenis layanan di MPP. Ketiga, kemampuan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui DPMPTSP Kota Yogyakarta dalam mengadopsi kebijakan MPP adalah dengan mencontohi penerapan MPP MPP di Kota Badung, Bali dan MPP di Kota Bandung, Jawa Barat. Hal tersebut dilihat dari aspek petugas MPP yang memiliki kompetensi dalam bertugas, website yang informatif, sarana dan prasarana yang memadai, jumlah layanan dan loket yang tersedia dan penerapan digitalisasi sebagai percepatan layanan yang sudah masif dilakukan.Secara praktik saran kebijakan dalam penelitian ini adalah upaya digitalisasi yang telah dilakukan dalam mempermudah dan mempecepat layanan sebaiknya perlu dipertimbangkan kembali secara statistik kemampuan masyarakat yang dapat mengoperasionalkan pelayanan secara digital. Sehingga inovasi kebijakan berbasis digital ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Adaptive Governance, MPP, Public Service Innovation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:43
Last Modified: 21 Sep 2023 07:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41388

Actions (login required)

View Item
View Item