MUHAMMAD FADJAR SETI ADJI (2023) ANALISIS PENGARUH KONFIGURASI KABEL PADA JEMBATAN CABLE-STAYED AKIBAT BEBAN GEMPA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
Bab I.pdf
Download (144kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (625kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Jembatan merupakan salah satu prasarana yang mendukung lalu lintas jalan raya atau beban-beban yang bergerak diatas suatu rintangan atau tempat dengan elevasi rendah seperti sungai, jalan raya, jalan kecil, dan yang lainya. Perkembangan jembatan cable-stayed di Indonesia sudah cukup banyak karena secara geografis Indonesia termasuk negara kepulauan dimana dipertimbangkan membutuhkan prasarana jembatan sebagai akses penghubung transportasi darat. Metode penelitian pada jembatan cable-stayed ini menggunakan bantuan software aplikasi seperti Midas Civil serta penambahan elastomer pada girder bawah pylon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon displacement dan acceleration pada puncak pylon dan girder, serta respon gaya kabel jembatan cable-stayed dengan variasi kabel 17, variasi kabel 14 dan variasi kabel 12 pada geometri yang sama serta diasumsikan menggunakan Time History El-Centro. Dari hasil analisis penelitian, diperoleh hasil yaitu Jarak antar kabel yang pendek atau dekat lebih baik dari pada jarak antar kabel yang jauh. Hal ini dapat dilihat dengan variasi kabel 12 sangat rendah pada frequency alami yaitu 0.1319 Hz, 0.1331 Hz pada variasi kabel 14 serta 0.1392 Hz pada variasi 17. Semakin rendah frequency alami maka akan semakin menurun kekakuan pada struktur jembatan. Untuk displacement dan acceleration pada puncak pylon dan girder, Serta gaya kabel pada variasi 17 memiliki nilai terendah di bandingkan variasi kabel 14 maupun kabel 12.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cable-stayed, variation cable, elastomer, displacement, acceleration, axial cable force |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:41 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41390 |