PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 1 BANTUL

SITI FAIZAH (2023) PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas bermain game online, mengetahui prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Bantul, dan untuk menganalisis pengaruh intensitas bermain game online terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Bantul. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 316 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Sampel penelitian sebanyak 79 siswa atau sebanyak 25% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan regresi linier sederhana dengan program IBM SPSS Statistics 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) intensitas bermain game online siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantul berada pada kategori sedang sebanyak 66 siswa atau dengan presentase 81%. (2) prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Bantul berada pada kategori sedang sebanyak 56 siswa atau dengan presentase 70,9%. (3) terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara intensitas bermain game online terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Bantul. Dengan nilai signifikansi 0,000 atau 0,000 kurang dari 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Online Game Playing Intensity, Learning Achievement, PAI
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:40
Last Modified: 21 Sep 2023 07:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41393

Actions (login required)

View Item
View Item