AL-KAHFI MUHAMMAD DEDY (2023) KINERJA INOVASI PELAYANAN PUBLIK SI LACAK SEPAT (LAYANANKOLEKTIF CETAK DOKUMEN SELESAI DI TEMPAT) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BERAU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Bab I.pdf
Download (550kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (665kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (299kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (748kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Berau memperkenalkan program inovatif bernama �Si Lacak Sepat� yang bertujuan untuk memfasilitasi percepatan penerbitan Kartu Identitas Anak (Kartu Identitas Anak). Diluncurkan pada 2021, inovasi ini terbukti bermanfaat dalam mempersingkat proses pengurusan KTP Anak. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini berfokus pada penilaian kinerja dan menganalisis faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan inovasi Si Lacak Sepat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Berau.Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data meliputi pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, petugas Si Lacak Sepat, dan keterlibatan masyarakat setempat. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. penelitian menunjukkan beberapa temuan kunci. Pertama, keunggulan relatif dari inovasi Si Lacak Sepat terletak pada kemudahan akses pelayanan bagi masyarakat yang berdomisili jauh dari pusat layanan utama dan bekerjasama dengan sekolah untuk mencapai efisiensi administrasi bagi siswa dan masyarakat. Kedua, pelaksanaan Si Lacak Sepat mengikuti prosedur pelayanan yang telah ditetapkan, memberikan pelayanan yang cepat, praktis, dan kolaboratif dengan sekolah. Ketiga, meskipun inovasi tersebut menghadirkan tingkat kerumitan yang lebih tinggi, hal itu dapat diatasi melalui perubahan pola pikir pegawai dan keterlibatan aktif mereka dalam administrasi data atau pengawasan petugas sekolah. Keempat, Si Lacak Sepat telah teruji secara menyeluruh melalui uji coba publik, eksperimentasi, dan sosialisasi masyarakat. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Berau telah menyiapkan personel yang berkompeten untuk mensukseskan implementasi inovasi ini. implementasi inovasi Si Lacak Sepat telah dilaksanakan dengan baik dan selaras dengan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini. Evaluasi berkala dan penyesuaian yang diperlukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan memastikan Si Lacak Sepat tetap memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat Kabupaten Berau dan meningkatkan kepemilikan KTP Anak di wilayah tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Service, Innovation Performance, Si Lacak Sepat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 03:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 03:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41428 |