MARIYAH SUCI ANGGRAINI (2023) METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR MEMBACA AL-QUR'AN BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (762kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (304kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
Bab I.pdf
Download (655kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (466kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (326kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (573kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (510kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi bagaimana Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pada mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra. didalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan metode studi lapangan. Masalah yang terjadi di MTS LB/A Yaketunis adalah terdapat beberapa siswa tunanetra yang kurang paham dengan Al-Qur�an braille selain itu juga siswa tunanetra susah membedakan huruf-huruf yang ada di Al-Qur�an braille. Hasil penelitian Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dengan cara mengenalkan huruf-huruf hijaiyah pada Al-Qur�an braille, Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dengan cara mengenalkan rumusan titik-titik pada huruf braille dan Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dengan cara memberi tahu letak harakat dan sakel yang berada di Al-Qur�an braille. Faktor pendukung di MTS LB/A Yaketunis yaitu Braille text, Al-Qur�an braille dan media audio. Faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra adalah tingkat perabaan siswa tunanetra dalam membaca Al-Qur�an braille harus dilatih kembali, siswa tunanetra kurang konsisten dalam belajar membaca Al-Qur�an braille dan orang tua tidak mengajar membaca Al-Qur�an braille pada anak dirumah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAI Teacher Method, Braille Al-Qur'an, Blind Students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 03:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 03:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41430 |