METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR MEMBACA AL-QUR'AN BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA

MARIYAH SUCI ANGGRAINI (2023) METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR MEMBACA AL-QUR'AN BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi bagaimana Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pada mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra. didalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan metode studi lapangan. Masalah yang terjadi di MTS LB/A Yaketunis adalah terdapat beberapa siswa tunanetra yang kurang paham dengan Al-Qur�an braille selain itu juga siswa tunanetra susah membedakan huruf-huruf yang ada di Al-Qur�an braille. Hasil penelitian Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dengan cara mengenalkan huruf-huruf hijaiyah pada Al-Qur�an braille, Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dengan cara mengenalkan rumusan titik-titik pada huruf braille dan Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dengan cara memberi tahu letak harakat dan sakel yang berada di Al-Qur�an braille. Faktor pendukung di MTS LB/A Yaketunis yaitu Braille text, Al-Qur�an braille dan media audio. Faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra adalah tingkat perabaan siswa tunanetra dalam membaca Al-Qur�an braille harus dilatih kembali, siswa tunanetra kurang konsisten dalam belajar membaca Al-Qur�an braille dan orang tua tidak mengajar membaca Al-Qur�an braille pada anak dirumah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAI Teacher Method, Braille Al-Qur'an, Blind Students
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:49
Last Modified: 19 Oct 2023 03:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41430

Actions (login required)

View Item
View Item