RADITYA AFI TAMA (2023) PENGARUG UKURAN SPROCKET TERHADAP KINERJA MOTOR HONDA GL PRO 200 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (43kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Motor bensin disebut juga dengan motor Otto merupakan penerapan dari sebuah siklus Otto. Mesin Otto termasuk motor dengan pembakaran dalam yang memiliki tipe 2 langkah dan 4 langkah. Potensi penurunan performa mesin sepeda motor sangat besar karena usia mesin. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan performa mesin sepeda motor. Peningkatan performa mesin salah satunya adalah mengubah sprocket sebagai unit penerus daya. Studi tentang pengaruh pengubahan ukuran sprocket pada Honda GL Pro 200 cc belum pernah dijumpai. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengaruh dan perubahan ukuran sprocket terhadap tenaga, torsi, dan kecepatan maksimal yang dihasilkan oleh mesin Honda GL Pro 200 cc. Penelitian ini dilakukan dengan metode ekperimental menggunakan alat dynotest yang bertempat di Dynoracingjogja untuk mengetahui nilai daya dan torsi. Bahan bakar saat pengujian menggunakan pertamax turbo 98. Pengujian ini dilakukan dengan membandingkan nilai daya, torsi, dan kecepatan maksimum. Variabel yang digunakan adalah variasi ukuran sprocket standart 46 dan ukuran sprocket 36.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggantian sprocket ukuran standart 46 menjadi ukuran 36 mampu meningkatkan daya sebesar 1,2 HP (7,22%), sedangkan nilai torsi juga mengalami kenaikan dengan selisih 0,79 Nm (4,48%), dan kecepatan maksimal juga mengalami kenaikan sebesar 12 km/jam (10,43%).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Power, Speed, Otto Engine, Sprocket, Torque |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 06:22 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 06:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41461 |