PENGARUG UKURAN SPROCKET TERHADAP KINERJA MOTOR HONDA GL PRO 200 CC

RADITYA AFI TAMA (2023) PENGARUG UKURAN SPROCKET TERHADAP KINERJA MOTOR HONDA GL PRO 200 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Motor bensin disebut juga dengan motor Otto merupakan penerapan dari sebuah siklus Otto. Mesin Otto termasuk motor dengan pembakaran dalam yang memiliki tipe 2 langkah dan 4 langkah. Potensi penurunan performa mesin sepeda motor sangat besar karena usia mesin. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan performa mesin sepeda motor. Peningkatan performa mesin salah satunya adalah mengubah sprocket sebagai unit penerus daya. Studi tentang pengaruh pengubahan ukuran sprocket pada Honda GL Pro 200 cc belum pernah dijumpai. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengaruh dan perubahan ukuran sprocket terhadap tenaga, torsi, dan kecepatan maksimal yang dihasilkan oleh mesin Honda GL Pro 200 cc.            Penelitian ini dilakukan dengan metode ekperimental menggunakan alat dynotest yang bertempat di Dynoracingjogja untuk mengetahui nilai daya dan torsi. Bahan bakar saat pengujian menggunakan pertamax turbo 98.  Pengujian ini dilakukan dengan membandingkan nilai daya, torsi, dan kecepatan maksimum. Variabel yang digunakan adalah variasi ukuran sprocket standart 46 dan ukuran sprocket 36.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggantian sprocket ukuran standart 46 menjadi ukuran 36 mampu meningkatkan daya sebesar 1,2 HP (7,22%), sedangkan nilai torsi juga mengalami kenaikan dengan selisih 0,79 Nm (4,48%), dan kecepatan maksimal juga mengalami kenaikan sebesar 12 km/jam (10,43%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Power, Speed, Otto Engine, Sprocket, Torque
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:22
Last Modified: 18 Oct 2023 06:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41461

Actions (login required)

View Item
View Item