INAYATUN NAWANGSIH WENINGINGGALIH (2023) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LENDAH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (623kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Bab I.pdf
Download (327kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (603kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (598kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pemberian tugas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, menganalisis prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lendah, dan menganalisis pengaruh metode pemberian tugas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMP Negeri 1 Lendah. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 192 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 48 siswa atau sebanyak 25 persen dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, asumsi klasik, dan regresi linier sederhana dengan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pemberian tugas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lendah berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 29 siswa atau dengan persentase 60,4 persen. (2) Prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lendah berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 27 siswa atau dengan persentase 56,3 persen. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Pemberian Tugas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lendah dengan nilai Sig. 0,038 kurang dari 0,05. Metode pemberian tugas memberikan sumbangan pengaruh sebesar 9 persen terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Method of Giving Assignment, Learning Achievement, Islamic |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 09:34 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 09:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41503 |