Dwi Okti Istiqomah (2021) Challenges and Strategies in Taking Reading Test of English Proficiency Test. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (624kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Bab I.pdf
Download (104kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (350kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Tes membaca merupakan salah satu bagian dalam Tes Kecakapan Bahasa Inggris (EPT). Nilai tes membaca dalam EPT akan mempengaruhi nilai akhir EPT yang diperoleh siswa. Ada beberapa tantangan yang dihadapi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) saat mengerjakan tes membaca EPT di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Selain itu, variasi strategi yang digunakan dapat mempengaruhi skor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi dan strategi yang digunakan oleh siswa PBI dalam mengerjakan tes membaca EPT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Untuk mengumpulkan data, enam mahasiswi PBI putri sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta angkatan 2017 yang telah mengikuti EPT dan telah mengikuti pelatihan EPT di tahun pertama dan lulus mata kuliah International Language Testing (ILT) diwawancarai sebagai peserta. Para peserta juga dipilih berdasarkan skor EPT terbaru yang mereka dapatkan. Data dari wawancara dianalisis menggunakan koding. Terdapat enam temuan terkait tantangan siswa yaitu kesulitan mencari ide pokok, menentukan arti dari kosakata yang sulit, mengidentifikasi referensi kata ganti, menentukan detail yang tersirat, menentukan detail yang tidak tersurat, dan menentukan nada bacaan. Selanjutnya terdapat tujuh temuan terkait strategi, yaitu membaca kalimat pertama setiap paragraf, menebak-nebak dan menggunakan petunjuk konteks, melihat kalimat sebelumnya, menggunakan kata kunci dan fokus pada detail yang tersirat, mencocokkan bacaan dan pilihan ganda, membaca bagian keseluruhan, dan membaca sekilas.</p>
<p><em>Kata kunci</em>: EPT, tes membaca, tantangan, strategi.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:48 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4153 |