Challenges and Strategies in Taking Reading Test of English Proficiency Test

Dwi Okti Istiqomah (2021) Challenges and Strategies in Taking Reading Test of English Proficiency Test. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

<p>Tes membaca merupakan salah satu bagian dalam Tes Kecakapan Bahasa Inggris (EPT). Nilai tes membaca dalam EPT akan mempengaruhi nilai akhir EPT yang diperoleh siswa. Ada beberapa tantangan yang dihadapi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) saat mengerjakan tes membaca EPT di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Selain itu, variasi strategi yang digunakan dapat mempengaruhi skor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi dan strategi yang digunakan oleh siswa PBI dalam mengerjakan tes membaca EPT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Untuk mengumpulkan data, enam mahasiswi PBI putri sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta angkatan 2017 yang telah mengikuti EPT dan telah mengikuti pelatihan EPT di tahun pertama dan lulus mata kuliah International Language Testing (ILT) diwawancarai sebagai peserta. Para peserta juga dipilih berdasarkan skor EPT terbaru yang mereka dapatkan. Data dari wawancara dianalisis menggunakan koding. Terdapat enam temuan terkait tantangan siswa yaitu kesulitan mencari ide pokok, menentukan arti dari kosakata yang sulit, mengidentifikasi referensi kata ganti, menentukan detail yang tersirat, menentukan detail yang tidak tersurat, dan menentukan nada bacaan. Selanjutnya terdapat tujuh temuan terkait strategi, yaitu membaca kalimat pertama setiap paragraf, menebak-nebak dan menggunakan petunjuk konteks, melihat kalimat sebelumnya, menggunakan kata kunci dan fokus pada detail yang tersirat, mencocokkan bacaan dan pilihan ganda, membaca bagian keseluruhan, dan membaca sekilas.</p>

<p><em>Kata kunci</em>: EPT, tes membaca, tantangan, strategi.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:48
Last Modified: 16 Dec 2021 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4153

Actions (login required)

View Item
View Item