ANALISIS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN AGAMA PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

DWIKE FELYA SARASWATI (2023) ANALISIS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN AGAMA PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Youtube sebagai media penyuluhan agama pada Kantor Kementerian Agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan model komunikasi Laswell dan SWOT untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang proses penyuluhan agama dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Youtube sebagai media penyuluhan agama. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyuluhan agama yang dianalisis dengan model komunikasi Laswell telah berjalan dengan baik, terutama dalam hal komunikator atau penyuluh agama yang menyampaikan pesan. Namun, pemanfaatan Youtube sebagai media penyuluhan agama masih belum optimal, terutama karena adanya kekurangan sumber daya manusia dan kurangnya konsistensi dalam mengunggah video penyuluhan agama. Selanjutnya, analisis menggunakan SWOT mengidentifikasi bahwa Youtube sebagai media penyuluhan agama pada Kantor Kementerian Agama memiliki peluang yang besar karena tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap. Namun, terdapat juga beberapa kendala dan ancaman yang perlu diatasi, seperti kekurangan sumber daya manusia dan perubahan tren teknologi. Dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan Youtube sebagai media penyuluhan agama, disarankan agar Kantor Kementerian Agama meningkatkan pengembangan sumber daya manusia, menjaga konsistensi dalam mengunggah video penyuluhan agama, dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh Youtube sebagai sarana penyampaian pesan agama yang efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Religious Counselors, Youtube, Office of the Ministry of Religious Affairs
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:43
Last Modified: 06 Oct 2023 07:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41533

Actions (login required)

View Item
View Item