ARIEF WIDAYANTO (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI PASCA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI TLOGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
Bab I.pdf
Download (6MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (612kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Sebagai pendidik, guru PAI harus mempertahankan kompetensinya. Peran managerial kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan kompetensi guru pasca pandemi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI pasca pandemi covid-19 di SD Negeri Tlogo dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang diteliti meliputi kepala sekolah, guru PAI dan guru bidang kurikulum. Adapun Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah: 1) Guru PAI di SD Negeri Tlogo pasca pandemi ini memiliki kompetensi keseluruhan yang cukup baik, karena guru PAI di SD Negeri Tlogo dapat mengaplikasikan kompetensi yang dimilikinya dengan menyesuaikan kondisi saat ini dalam proses belajar mengajar. 2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI SD Negeri Tlogo pasca pandemi adalah mendorong guru untuk mengikuti pelatihan, diklat, KKG, pembinaan disiplin guru, menciptakan suasana akrab bersama stakeholder dan melakukan supervisi, pengawasan, pendampingan serta pemberian motivasi kepada guru. 3) Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI pasca pandemi di SD Negeri Tlogo yaitu etos kerja yang baik, kesemangatan dan keseriusan guru PAI untuk meningkatkan kompetensi yang wajib dimiliki serta sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan pencairan dana dan kurangnya guru PAI dalam memahami kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategy, principal, PAI teacher competence |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 02:48 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 02:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41587 |