KARMINAH (2023) PENERAPAN METODE PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR SIDOHARJO SRUWENG KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (327kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (697kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Bab I.pdf
Download (247kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (59kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (876kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul �Penerapan Metode Pendidikan Akhlak Di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Al-Kautsar Sidoharjo Sruweng Kebumen�, yang dilatar belakangi oleh krisis moral seperti kurangnya sopan santun kepada yang lebih tua, kenakalan remaja, dan pergaulan yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali dan penerapannya di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Al-Kautsar Sidoharjo Sruweng Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif literatur dan lapangan dengan teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini ialah: Konsep pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali mengarah pada nilai-nilai spiritual yang bersumber pada Al-Qur�an dan Sunnah. Konsep pendidikan akhlak tersebut sebagai jalan ataupun untuk mengontrol kedekatan diri kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia. Penerapan metode pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Al-Kautsar Sidoharjo Sruweng Kebumen, dengan menggunakan metode pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali di antaranya: metode keteladanan, nasehat, pembiasaan, pengalaman, pemberian hadiah dan hukuman. Adapun metode utama yang digunakan yaitu metode keteladanan, dan metode nasehat, sedangkan metode yang lain dijadikan sebagai pendukung. Adapun metode pendidikan akhlak yg dijadikan sebagai pendukung di antaranya yaitu metode pembiasaan, pengalaman, pemberian hadiah dan hukuman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moral Education, Islamic Boarding School, Imam Al-Ghazali |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 09:16 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 09:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41664 |