FAIZAL YULISTIANTO (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR�AN SISWA SMA IT MENTARI ILMU KARAWANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (482kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Bab I.pdf
Download (177kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (606kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningatkan minat baca Al-Qur�an dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif di Sekolah SMA IT Mentari Ilmu Karawang, Jawa barat. Subjek penelitian meliputi Wakil Kepala Bina Pribadi Islam, guru PAI, siswa SMA IT Mentari Ilmu Karawang. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian: 1) Peran guru PAI dalam meningkatkan minat baca Al-Qur�an yaitu dengan cara memberikan materi yang bagus, mengajarkan untuk selalu dekat dengan Al-Qur�an, memotivasi, memberikan tauladan yang baik, mengontrol semua kegiatan membaca dan menghafal Al-Qur�an. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan minat baca Al-Qur�an: adanya program tahsin dan tahfidz, kegiatan membaca Al-Qur�an seperti, embun pagi sebelum sholat dhuha membaca Al-Qur�an Bersama, muraja�ah sebelum sholat dhuhur dan ashar, adanya motivasi dari guru PAI, adanya motivasi dari orang tua, adanya sifat keteladanan yang dicerminkan oleh seorang pengajar dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur�an. 3) Faktor penghambat dalam meningkatkan minat baca Al-Qur�an: kurangnya minat pada diri anak untuk membaca Al-Qur�an, kemampuan yang dimiliki siswa, kurang disiplin, kurangnya perhatian orang tua saat dirumah, handphone, tidak serius dalam belajar, pergaulan siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | roles of PAI teacher, interest in reading Qur'an, tahsin and tahfidz |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 09:15 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 09:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41670 |