KHURRIN AINI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERRED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI MI MUHAMMADIYAH 11 POJOKKULON. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (339kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab I.pdf
Download (169kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik yang sudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, 3) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Adapun Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah kepala sekolah, seluruh kelas 1 sampai 5 di MI Muhammadiyah 11 Pojokkulon dan pendidik (guru) pengampu mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran cooperative tipe NHT dan kelas yang diterapkan model pembelajaran cooperative tipe Numberred Heads Together. Berdasarkan penelitian tersebut maka peneliti memberikan beberapa saran, bahwa Teknik Numberred Heads Together perlu diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas. Kemudian pendidik (guru) harus bisa menentukan atau memilih materi yang benar-benar bisa diterapkan dengan baik Teknik NHT dalam proses pembelajaran sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: PAI, Learning Motivation, Numbered Heads Together |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 09:14 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 09:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41671 |