FAUZI JAMAL (2023) POLA KOMUNIKASI GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SEMARANGAN 1 GODEAN (STUDI KASUS DALAM DAN LUAR KELAS I-VI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (329kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
Bab I.pdf
Download (58kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (472kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Keberhasilan pembinaan akhlak tidak terlepas dari cara dan pola komunikasi guru agama dalam proses pembelajaran di sekolah. Faktor penghambat pembinaan akhlas siswa di SDN Semarangan 1 Godean adalah kurangnya komunikasi guru dan siswa karena waktu yang terbatas, terjadi miskomunikasi antara guru dan siswa dalam menentukan kebijakan mengenai suatu program belajar, dan masih banyaknya peran guru yang belum dioptimalkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru agama dengan siswa dalam pembinaan akhlak di SD Negeri Semarangan 1 Godean, dan ntuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat selama proses pembinaan akhlak siswa SD Negeri Semaragan 1 Godean. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model sugiyono, yang tahapannya adalah eksplorasi, reduksi, kategorisasi, dan pengujian keabsahan data. Temuan penelitian ini adalah pertama, pola komunikasi yang digunakan guru agama adalah komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok Propinquity. Kedua, faktor pendukung pola komunikasi guru agama SD Negeri Semarangan 1 Godean adalah adanya visi dan misi yang jelas, pengajar atau guru pendidikan agama yang kompeten dan berpengalaman. Kemudian faktor penghambat adalah kurangnya waktu pembinaan akhlak di dalam kelas karena target pembelajaran dan kurikulum.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Morals, Communication Patterns, Elementary School |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 07:04 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 07:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41753 |