RIDHO AWAN KUSUMA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL SEKOLAH SEHAT BINA MASYARAKAT PEDULI(STUDI KASUS LSM BINA MASYARAKAT PEDULI DALAM KAMPANYE SEKOLAH SEHAT TAHUN 2019-2021). UNSPECIFIED thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Bab I.pdf
Download (395kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Siswa-siswi Sekolah Dasar di Indonesia banyak yang ditemukan terkena berbagai penyakit akibat tidak mempraktikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti di wiilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten yang juga mengalami masalah kesehatan pada anak. Pembuatan program yang bertujuan untuk menanggulangi masalah-masalah kesehatan pada anak serta memberikan pemahaman mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. LSM Bina Masyarakat Peduli merupakan salah satu organisasi non-profit yang mengadakan program mengenai PHBS di lingkungan Sekolah Dasar dengan program �Sekolah Sehat�. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh LSM Bina Masyarakat Peduli dalam program Sekolah Sehat, dan bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran sosisial serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan menerapkan prinsip 4P dari Philip Kotler; product, price, place, dan promotion. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan LSM Bina Masyarakat Peduli dalam menerapkan program Sekolah Sehat adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada target audiens. Temuan dari penelitian ini adalah LSM BMP tidak melakukan analisis internal dalam program Sekolah Sehat, serta strategi memilih media dengan menyesuaikan target audiens adalah hal yang efektif dalam melakukan pemasaran sosial, dan peran guru serta orang tua menjadi faktor pendukung dalam perubahan perilaku pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PHBS, School Health, Social Marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 06:53 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 06:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41817 |