PROSES KOMUNIKASI PERSUASIF DISC JOCKEY DALAM MENARIK MINAT CALON PENONTON CLUB DI YOGYAKARTA

MUHAMMAD NUR FADLI (2023) PROSES KOMUNIKASI PERSUASIF DISC JOCKEY DALAM MENARIK MINAT CALON PENONTON CLUB DI YOGYAKARTA. UNSPECIFIED thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menganalisis dan mencari tahu tentang bagaimana proses komunikasi persuasif yang dilakukan oleh disk jockey dalam menarik minat calon penonton club di Yogyakarta. Disk jockey adalah seseorang yang memainkan atau melakukan mixing musik untuk penonton secara terus menerus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui teknik wawancara mendalam. Teknik pengambilan informan penelitian menggunakan cara insidental sampling, yang mana informan dapat menguasai permasalahan, memiliki data dan bersedia memberikan informasi lengkap dan akurat. Berdasarkan hasil penelitian, informan pertama cenderung melakukan pendekatan secara datang dan mendekatkan diri, mengobrol dengan sopan, memberikan minuman dan bersikap ramah, sedangkan informan kedua cenderung melakukan pendekatan dengan promosi diri melalui portofolio yang tertera di media sosial, memberikan free entry dan free drink, mengobrol dengan memanggil nama panggilan agar terlihat akrab dan tatapan antusias tersenyum sopan, dan informan ketiga cenderung melakukan pendekatann basa basi pinjam korek api, mengobrol basa basi dan pendekatan personal. Teknik yang digunakan para disk jockey adalah teknik bandwagon technique, the swap technique dan reassurance. Tahapan yang digunakan disc jockeyadalah tahapan AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action). Hambatan yang ditemukan oleh informan pertama yaitu hambatan psikologis yang mempunyai kepribadian yang tertutup sehingga dia tidak bisa melanjutkan komunikasi secara baik jika respon yang dia dapat penolakan dari calon penonton yang cuek. dan hambatan yang ditemukan oleh informan kedua dan ketiga adalah hambatan kemungkinan ketidakhadiran calon penonton. Sedangkan faktor yang mempengaruhi perilaku komunikasi persuasif informan pertama adalah faktor internal, yaitu kepribadian yang bersifat melankolis. Sedangkan pada informan kedua dan ketiga faktor yang mempengaruhi perilaku komunikasi persuasif adalah faktor internal, yaitu kepribadian yang bersifat sanguinis.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Persusive, Disc Jockey, Potential Audience, Bandwagon Technique, The Swap Technique, Reassurence, AIDA (Attention, Interest, Desire and Action)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:49
Last Modified: 03 Oct 2023 06:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41828

Actions (login required)

View Item
View Item