DITA ARDI PRAMADIANA L (2023) PENERAPAN TERAPI MEWARNAI TERHADAP KECEMASAN ANAK PADA SEBELUM PEMBERIAN OBAT INTRAVENA (BOLUS). UNSPECIFIED thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (332kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Bab I.pdf
Download (323kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (431kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (431kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (420kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (398kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (431kB)
Abstract
Latar Belakang : Perawatan anak di rumah sakit merupakan pengalaman yang penuh dengan stress, baik bagi anak maupun orang tua. Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa lingkungan rumah sakit itu sendiri merupakan penyebab stress bagi anak dan orang tuanya. Terapi Mewarnai adalah metode bermain yang dapat memberikan kesempatan terhadap anak untuk bebas berekspresi dan sangat terapeutik. Tujuan: Mengindentifikasi pengaruh sebelum dan sesudah Pemberian Terapi Mewarnai Terhadap Kecemasan Anak Sebelum Pemberian Obat Intravena (Bolus). Metode: Desain deskriptif dengan pendekatan studi kasus asuhan keperawatan merupakan metode yang digunakan selama 3 hari dengan 3 sesi pemberian terapi mewarnai kepada subyek studi kasus. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pada subyek 1 ditemkan adanya penurunan kecemasan, berbeda dengan subyek 2 yang masih menunjukan gejala cemas dan gelisah terhadap tindakan memasukan obat melalui IV. Kesimpulan: terapi bermain mewarnai gambar hanya efektif pada suyek 1, berbeda dengan subyek 2 yang masih menunjukan kecemesan terhadap tindakan memasukan obat melalui IV.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Coloring Therapy, Child Anxiety |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Profesi Ners |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:28 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41959 |