STUDI KASUS PENERAPAN SENAM KAKI DM DAN EDUKASI ROKOK DALAM PENINGKATAN SIRKULASI DAN PENGETAHUAN KLIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DAN PEROKOK AKTIF

NADA NESYIFA (2023) STUDI KASUS PENERAPAN SENAM KAKI DM DAN EDUKASI ROKOK DALAM PENINGKATAN SIRKULASI DAN PENGETAHUAN KLIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DAN PEROKOK AKTIF. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)

Abstract

Latar belakang : Indonesia menempati posisi ke-empat di dunia dengan jumah penderita terbanyak Diabetes Mellitus (DM). Komplikasi utama dari diabetes mellitus adalah kejadian ulkus diabetikum yang saat ini di Indonesia mencapai 12% penderita DM yang mengalami ulkus diabetikum dan 55,4persen beresiko terjadi ulkus diabetikum. Senam kaki DM dapat memberikan aktivitas yang dapat menurunkan kadar gula darah dan dijadikan sebagai salah satu cara yang efektif dalam melakukan perawatan pasien DM. Kondisi DM akan lebih berat pada klien yang merokok karena nikotin dapat merusak sel pankreas dan menghambat insulin. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas penerapan senam kaki dan edukasi rokok pada klien wanita dengan diabetes mellitus tipe 2 dan perokok aktif melalui pendekatan asuhan keperawatan keluarga. Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan metode studi kasus. Asuhan keperawatan diberikan selama 2 minggu dengan pemberian intervensi senam kaki dan edukasi rokok dilakukan dalam 3 kali pertemuan dengan durasi senam adalah 10 menit. Hasil: Intervensi dalam asuhan keperawatan menunjukkan sebelum dilakukan senam kaki DM, kadar glukosa darah klien adalah 190mg/dl dan setelah tiga kali intervensi gula darah menurun menjadi 178mg/dl. Klien dan keluarga juga mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengenai DM dan senam kaki DM. Terkait konsumsi rokok, terjadi penurunan dari 4 batang per hari menjadi 2 batang per hari. Kesimpulan: Dari studi kasus ini adalah senam kaki DM dan edukasi rokok dapat menurunkan kadar gluokosa darah dan meningkatkan perilaku sehat klien dan keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus, DM foot exercise, Cigarettes
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Profesi Ners
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:51
Last Modified: 27 Sep 2023 07:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41988

Actions (login required)

View Item
View Item