YUVI AFIANI (2023) KOMUNIKASI SUPORTIF GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS XII UNTUK MENGIKUTI PEMBELAJARAN SMK AR-RAHMAH SRANDAKAN. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (332kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Bab I.pdf
Download (325kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (485kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (899kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian komunikasi suportif guru dalam Upaya meningkatkan motivasi siswa kelas XII untuk mengikuti pembelajaran di SMK Ar-Rahmah Srandakan. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran bagaimana cara guru melakukan komunikasi suportif dalam memotivasi belajar siswa kelas XII di SMK Ar-Rahmah Srandakan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah komunikasi interpersonal, categories of defensive and supportive behavior, dan komunikasi suportif. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi, teknik pengambilan informan dengan metode random sampling, dalam tahap analisis data peneliti menggunakan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa guru SMK Ar-Rahmah srandakan telah menerapkan beberapa bentuk komunikasi suportif bagi siswa kelas XII diantaranya ialah: a) guru tidak pernah menyalahkan bahkan menyudutkan siswanya, b) guru selalu bekerjasama dengan seluruh pihak internal maupun eksternal sekolah untuk bekerjasama mencari jalan untuk memecahkan masalah, c) guru selalu menunjukan sikap empatinya kepada siswa yang bolos sekolah, d) guru SMK Ar-Rahmah Srandakan tidak pernah membeda-bedakan siswanya, e) guru selalu terbuka akan adanya perbedaan pendapat dan kritik dari siswa. Namun komunikasi suportif tersebut tidak sepenuhnya efektif untuk memotivasi siswa SMK Ar-Rahmah Srandakan untuk mengikuti pembelajaran di sekolah, masih ada beberapa hal yang bisa dijadikan evaluasi oleh guru untuk mengurangi tingkat bolos siswa SMK Ar-Rahmah Srandakan. Beberapa diantaranya ialah sikap tegas guru terhadap siswa yang bolos sekolah, dibentuknya peraturan tertulis untuk siswa memperjelas adanya system sanksi sebagai hukuman bagi siswa yang melanggar peraturan sekolah. Guru telah melakukan komunikasi suportif dengan siswa dan diterima dengan baik, hanya saja kurang adanya kejelasan tentang peraturan sekolah sehingga siswa terus mengulangi pelanggaran tersebut.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supportive Communication, Interpersonal Communication, teacher, student, skipping school, student motivation, learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 03:38 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 03:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42061 |