KOMUNIKASI SUPORTIF GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS XII UNTUK MENGIKUTI PEMBELAJARAN SMK AR-RAHMAH SRANDAKAN

YUVI AFIANI (2023) KOMUNIKASI SUPORTIF GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS XII UNTUK MENGIKUTI PEMBELAJARAN SMK AR-RAHMAH SRANDAKAN. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian komunikasi suportif guru dalam Upaya meningkatkan motivasi siswa kelas XII untuk mengikuti pembelajaran di SMK Ar-Rahmah Srandakan. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran bagaimana cara guru melakukan komunikasi suportif dalam memotivasi belajar siswa kelas XII di SMK Ar-Rahmah Srandakan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah komunikasi interpersonal, categories of defensive and supportive behavior, dan komunikasi suportif. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi, teknik pengambilan informan dengan metode random sampling, dalam tahap analisis data peneliti menggunakan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa guru SMK Ar-Rahmah srandakan telah menerapkan beberapa bentuk komunikasi suportif bagi siswa kelas XII diantaranya ialah: a) guru tidak pernah menyalahkan bahkan menyudutkan siswanya, b) guru selalu bekerjasama dengan seluruh pihak internal maupun eksternal sekolah untuk bekerjasama mencari jalan untuk memecahkan masalah, c) guru selalu menunjukan sikap empatinya kepada siswa yang bolos sekolah, d) guru SMK Ar-Rahmah Srandakan tidak pernah membeda-bedakan siswanya, e) guru selalu terbuka akan adanya perbedaan pendapat dan kritik dari siswa. Namun komunikasi suportif tersebut tidak sepenuhnya efektif untuk memotivasi siswa SMK Ar-Rahmah Srandakan untuk mengikuti pembelajaran di sekolah, masih ada beberapa hal yang bisa dijadikan evaluasi oleh guru untuk mengurangi tingkat bolos siswa SMK Ar-Rahmah Srandakan. Beberapa diantaranya ialah sikap tegas guru terhadap siswa yang bolos sekolah, dibentuknya peraturan tertulis untuk siswa memperjelas adanya system sanksi sebagai hukuman bagi siswa yang melanggar peraturan sekolah. Guru telah melakukan komunikasi suportif dengan siswa dan diterima dengan baik, hanya saja kurang adanya kejelasan tentang peraturan sekolah sehingga siswa terus mengulangi pelanggaran tersebut.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Supportive Communication, Interpersonal Communication, teacher, student, skipping school, student motivation, learning
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:38
Last Modified: 26 Sep 2023 03:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42061

Actions (login required)

View Item
View Item