FITRI ADINDA (2023) STRATEGI PROMOSI DIGITAL MELALUI INSTAGRAM PT TELEKOMUNIKASI SELULER KOTA PONTIANAK DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PERIODE MARET-DESEMBER 2020. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (384kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Bab I.pdf
Download (471kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (920kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pandemi COVID-19 yang melanda indonesia berdampak pada banyak sektor sehingga pemerintah mengambil langkah dengan menerapkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) melingkupi pembatasan sejumlah kegiatan penduduk. PSBB cukup memberikan dampak yang serius bagi sektor bisnis, dimana mulai dituntut mengembangkan model bisnis yang lebih sustainable dan lebih memanfaatkan keunggulan digital saat ini. Hal ini tentu membuat perusahaan operator telekomunikasi untuk melakukan strategi yang tepat di Instagram dalam mempertahankan produk mereka di pasaran terlebih di masa pandemi COVID-19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi promosi digital melalui Instagram PT Telekomunikasi selular Kota Pontianak di tengah pandemi COVID-19 periode Maret-Desember 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi promosi digital Telkomsel Pontianak di Instagram selama pandemi yaitu mengunggah unggahan di feeds Instagram yang rutin dilakukan setiap hari. Promosi yang dilakukan Telkomsel Pontianak saat situasi Pandemi COVID-19 tidak hanya melalui foto maupun video yang diposting melalui feeds namun juga memanfaatkan layanan streaming yang bekerjasama dengan beberapa influencer Kota Pontianak. Tahapan dalam menjalankan strategi promosi yang dilakukan Telkomsel Pontianak untuk mencapai hasil yang maksimal yaitu dengan Monitoring dan evaluasi, Respon, Riset dan Kampanye serta Strategi berkelanjutan. Dalam implementasinya, Telkomsel Pontianak belum strategis dalam memanfaatkan Instagram sebagai media promosi disebabkan kurangnya konsistensi dalam mengunggah konten dan memanfaatkan fitur Instagram sehingga tidak bersifat jangka panjang. Telkomsel Pontianak masih harus membangun interaksi dengan followers sehingga menghasilkan komunikasi dua arah yang seimbang.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, Digital Promotion, Instagram |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 07:46 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 07:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42086 |