ANGGI PURNOMO (2023) PENENTUAN NILAI KALOR EKSPERIMENTAL LPG DENGAN VARIASI UDARA BERLEBIH PADA 0,1 LPM DEBIT LPG DAN 1 LPM DEBIT AIR. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (511kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Bab I.pdf
Download (77kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (528kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (834kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pada bahan bakar gas yang diproduksi mengandung nilai kalor teoritik yang mengindikasikan seberapa banyak energi kalor yang terkandung pada bahan bakar secara komposisi kimianya. Akan tetapi, untuk menyadari energi yang dapat menghasilkan oleh bahan bakar yang diperlukan pengukuran melalui metode eksperimental. Kalorimeter aliran yaitu suatu alat ukur untuk menentukan besarnya nilai kalor eksperimental pada bahan bakar gas. Kalorimeter pada penelitian ini berfungsi dengan sistem pembakaran udara berlebih (excess air) dan pengunaan air sebagai penyerap panas. Untuk pembakarannya memakai liquefied petroleum gas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai kalor LPG secara eksperimental yang dibandingkan dari nilai kalor teoritik LPG dapat diketahui bahwa pengaruh dari berbagai variasi penambahan (excess air) terhadap suatu nilai kalor LPG.Pada penelitian ini memakai debit gas LPG 0,1 LPM dan 1 LPM debit air dan menggunakan variasi EA 0%, 10%, 20%, 30%, 40%, 50%, dan 60%. Bahan bakar gas LPG dapat diasumsikan sebagai propana. Pada pembakaran berlangsung secara konstan, tidak ada kerugian panas dan aliran air yang masuk tidak berubah. Pada variasi EA penelitian ini dapat diketahui titik optimal pada nilai kalor LPG teoritik dan mengetahui besarnya nilai efisiensi.Dari hasil pengujian mendapatkan pengukuran hasil nilai kalor eksperimental paling tinggi yaitu pada variasi EA 50% sebesar 46.755,96 kJ/kg dan efisiensi sebesar 97,56%. Akan tetapi pada variasi EA 60% yaitu, adanya penurunan nilai kalor eksperimental dan efisiensi sebesar 44.995,14 kJ/kg dan efisiensi 93,55%. Dapat disimpulkan bahwa besarnya kapasitas fluida penyerapan panas dan kapasitas suplai bahan bakar akan mempengaruhi besar tingginya nilai kalor dan efisiensi.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords : flow calorimeter, experimental calorific value, excess air, calorimeter efficiency, liquefied petroleum gas |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 07:43 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 07:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42089 |