PENENTUAN NILAI KALOR EKSPERIMENTAL LPG DENGAN VARIASI UDARA BERLEBIH PADA 0,3 LPM DEBIT LPG DAN 1 LPM DEBIT AIR

MEI ANWARUDIN (2023) PENENTUAN NILAI KALOR EKSPERIMENTAL LPG DENGAN VARIASI UDARA BERLEBIH PADA 0,3 LPM DEBIT LPG DAN 1 LPM DEBIT AIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bahan bakar merupakan suatu materi atau bahan yang bisa diubah menjadi energi. Bahan bakar gas LPG (liquefied petroleum gas) yang diproduksi oleh Pertamina memiliki nilai kalor teoritik yang mengindikasikan seberapa banyak energi kalor yang terkandung pada bahan bakar secara komposisi kimianya. Untuk mengetahui energi kalor sebenarnya yang dihasilkan oleh bahan bakar dibutuhkan pengukuran dengan metode eksperimental. Kalorimeter aliran merupakan alat yang digunakan untuk untuk mengukur nilai kalor dari suatu bahan bakar fase gas. Kalorimeter pada penelitian ini mengetahui nilai kalor dari suatu bahan bakar dengan sistem pembakaran udara berlebih EA (excess air) dan penggunaan air sebagai penyerap panas dengan menggunakan metode eksperimental dan perhitungan teoritik. Sehingga hasil dari pengolahan data tersebut menjadi suatu acuan tentang efektifitas dari suhu pembakaran yang dipengaruhi oleh komposisi dan nilai kalor.Dalam penelitian ini menggunakan kalorimeter aliran (flow kalorimeter) dengan diameter luar 210 mm dan tinggi 680 mm dan silinder saluran pembakaran berbentuk 9 silinder kecil yang berdiameter 25,4 mm dengan menggunakan bahan stainless steel. Penelitian ini menggunakan debit gas LPG 0,3 LPM dan 1 LPM debit air dan variasi EA mulai dari 0% (udara stoikiometri), 10%, 20%, 30%, 40%, 50 persen dan 60%. Untuk bahan bakar gas LPG diasumsikan sebagai gas propana. Berdasarkan penggunaan variasi EA pada penelitian ini dapat mengetahui titik optimal nilai kalor LPG secara teoritik serta dapat mengetahui besarnya nilai efisiensi yang didapat dari alat kalorimeter tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai kalor LPG secara eksperimental yang dibandingkan dengan nilai kalor teoritik LPG sehingga dapat diketahui pengaruh dari variasi penambahan EA terhadap nilai kalor eksperimental LPG dan efisiensi alat kalorimeter aliran.Dari hasil perhitungan pada pengujian kalorimeter aliran didapat hasil nilai kalor paling tinggi 48.517,00 kJ/kg dengan efisiensi 99,02% yaitu pada EA 50%. Sedangkan hasil nilai kalor paling rendah 44.718,20 kJ/kg dengan efisiensi 91,64% yaitu pada variasi udara 0%. Akan tetapi pada EA 60%, nilai kalor eksperimental LPG dan efisiensi kalorimeter mengalami penurunan nilai sebesar 48.286.04 kJ/kg dan 97,55%. Nilai kalor secara teoritik yaitu 46.454,31 kJ/kg. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk memperoleh nilai kalor eksperimental LPG dan efisiensi kalorimeter yang maksimal membutuhkan adanya perbandingan jumlah debit gas bahan bakar, debit air, dan debit udara secara seimbang sehingga reaksi pembakaran dapat terbakar habis secara optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: liquefied petroleum gas, excess air, flow calorimeter, experimental calorific value, efficiency calorimeter
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:42
Last Modified: 25 Sep 2023 07:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42091

Actions (login required)

View Item
View Item